PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak
  • Novi Andriati

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.431

Abstract

Faktor lain yang menyebabkan nilai anak menjadi rendah adalah kemajuan teknologi. Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi di era digital seperti saat ini, orang tua diharapkan lebih selektif dalam memperhatikan anak dalam penggunaan alat teknologi seperti gadget dan sejenisnya, penggunaan gadget berupa smartphone berbasis android bisa dioptimalkan sebagai media serta sumber belajar bagi siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan game berbasis android serta untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada siswa yang berkemampuan akademis rendah, serta peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan game berbasis android.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D). Model yang akan digunakan adalah Hannafin dan Peck, alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi media menurut ahli media dan materi serta angket minat belajar siswa sebelum dan setelah digunakan media games tik tak boom.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) media games tik tak boom berkategori layak untuk digunakan sebagai media belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat; b) minat belajar siswa belajar matematika terjadi peningkatan sebesar 92% setelah menggunakan media games tik tak boom.

Published

2019-11-30

How to Cite

Haryadi, R., & Andriati, N. (2019). PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Absis: Mathematics Education Journal, 1(2), 57–64. https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.431