PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BIMBINGAN DAN KONSELING SISWA DI SMA 1 VETERAN SUKOHARJO

Authors

  • Aldila Fitri Radite Nur Maynawati BK UNIVET

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.1067

Abstract

Bimbingan dan Konseling, yang merupakan bagian dari dunia persekolahan haruslah juga mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas layanan bimbingan. Akibat dari pandemi covid-19 ini pembelajaran Bimbingan dan Konseling menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran dan untuk menganalisis Angket Kebutuhan Peseta Didik (AKPD).  Banyak perangkat lunak yang telah dirilis untuk itu dan dapat dimanfaatkan dalam memberikan layanan kepada peserta didik. Bimbingan dan Konseling sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu (siswa), yang dapat dilaksanakan melalui berbagai macam layanan. Tujuannya adalah tetap memberikan layanan kepada siswa dan tidak terbatas tempat, tetapi juga tetap memperhatikan asas-asas dan kode etik dalam bimbingan dan konseling. Metode dalam artikel ini menggunakan metode deskriptif serta mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan teknologi pembelajaran. Kemudian dalam peneltian ini peneliti melakukan eksplorasi, menggambarkan, dengan tujuan untuk dapat menerangkan dan memprediksi terhadap suatu gejala yang berlaku atas dasar data yang diperoleh di lapangan.

Published

2021-02-11

Issue

Section

Artikel