PERAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Muhammad Arief Maulana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.1203

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) sangat bergatung pada minat dan kesungguhan peserta didik untuk mengikuti dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar daring. Pendidik tentu sangat terbatas dalam mengamati aktivitas belajar siswa melalui platform daring. Kendala koneksi jaringan, ketergantungan denga sumber daya listrik menjadi hambatan yang sangat vital dalam pembelajaran jarak jauh, sehingga hal tersebut menjadi celah bagi peserta didik untuk tidak terlibat aktif dalam pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh data berlangsung dengan baik bilamana ada keikutsertaan dan kesungguhan serta minat dari peserta didik untuk aktif mengikuti. Peneliti ingin mencoba untuk mencari peranan kecerdasan emosional peserta didik dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian dengan studi kepustakaan, didukung dengan data factual dari wawancara dan observasi di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh sangat urgent. Siswa diharapkan mampu membagi waktu, kesadaran tugas dan tanggung jawab, serta memiliki motivasi tinggi untuk mengikuti dan aktif dlam mencari informasi pelajaran. Selain itu juga diharapkan siswa bisa saling berempati dan berinteraksi dengan siswa lain dalam belajar kelompok. Maka dengan demikian kecerdasan emosional dalam pembelajaran jarak jauh sangat mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran, serta merupakan bukti kesiapan siswa dlama menerapkan pembelajaran jarak jauh.

References

Agustian, Ary Ginanjar. 2002. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ( ESQ Emotional Spiritual Quotient). Jakarta: Arga

Daud, Firdaus. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 19(2)

Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21 (Kritik MI, EI, SQ, AQ& Successful Intelligence atas IQ). Bandung: Alfabeta.

Goleman, Daniel. 2009. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Manz, Charles C. 2007. 5 Langkah Menata Emosi untuk Merasa Lebih Baik Setiap Hari. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Napitupulu, Rodame Monitorir. 2020. Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Dalam Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan 7(1) Hal. 23-33.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Prawiyogi, Anggy Giri dkk. 2020. Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar: JDP

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2009 Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2004.Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Published

2021-02-11

Issue

Section

Artikel