Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Panggih Wahyu Nugroho IAIN PONOROGO
  • Muhammad Arief Maulana Unversitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429

Keywords:

Kemandirian Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai kemandirian belajar dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh seperti yang sering kita dengar merupakan pembelajaran yang mengutamakan kemandirian. Guru dapat menyampaikan materi ajar kepada peserta didik tanpa harus bertatap muka langsung di dalam suatu ruangan yang sama. Pada peridoe awal pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pastinya meiliki beberapa hal yang menjadi perhatian salah satunya yaitu kesiapan siswa dalam menerima dan mengikuti pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian memberikan pemahaman bahwa kemandirian belajar ditunjukkan dengan adanya kemampuan untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tingkah laku. Dengan adanya perubahan tingkah laku maka anak memiliki peningkatan dalam berfikir, belajar untuk bisa mandiri tanpa mengandalkan bantuan dari orang lain dan tidak menggantungkan belajar hanya dari guru, karena guru berperan sebagai fasilitator dan konsultan sehingga guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu, dan dapat mempergunakan berbagai sumber dan media untuk belajar. Pembelajaran jarak jauh yang menuntut siswa untuk lebih proaktif dalam mencari materi pendukung aktivitas belajar, mengambil keputusan yang tepat, bertanggung jawab atas aktvitas yang dilakukan dalam memenuhi tugas dan mengikuti pembelajaran, serta tetap kompetitif mesikipun dengan berbagai keterbatasan dama pelaksanaan PJJ.

References

Napitupulu, Rodame Monitorir. 2020. Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Dalam Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan 7(1) Hal. 23-33.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2009 Bandung: Alfabeta

Miftaqul Al Fatihah. 2016. Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. Jurnal At-Tarbawi 1(2)

Ali, M., dan Asrori, M. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Basri, Hasan. 2008. Remaja Berkualitas :Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gea, Antonius Atosakhi, dkk. 2003. Character Building 1 Relasi dengan Diri Sendiri (edisi revisi). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Purwanto, M. N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suid,dkk. 2017. Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. JURNAL PESONA DASAR 1(5): Universitas Syiah Kuala

Published

2021-04-06

Issue

Section

Artikel