Pentingnya Evaluasi Manajemen BK dalam Meningkatkan Keefektifan Pelayanan Konseling

Authors

  • Sectio Putri Larasati Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni Universitas Negeri Padang
  • Firman Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Asyraf Che Amat Universiti Putra Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v6i2.5995

Abstract

Manajemen pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling merupakan suatu hal yang harus mampu dilaksanakan dan direalisasikan oleh setiap konselor terhadap layanan yang diberikan kepada klien. Kurangnya keefektifan layanan tersebut dikarenakan tidak adanya evaluasi terahadap manejemen pelayanan. Hal ini menimbulkan kurangnya terentasakan permasalahan klien dari layanan yang diberikan. Fenomena yang ditemukan di lapangan dikarenakan permasalahan manajemen pelayanan seperti materi layanan  yang tidak sesuai dengan kebutuhan klien, sarana dan prasana  konseling yang tidak lengkap sehingga membuat klien merasa kurang nyaman dalam mengikuti pelayanan yang diberikan konselor, waktu pelaksanaan layanan yang kurang tepat, kekurangan klien pada saat pelaksanaan layanan khusus seperti bimbingan kelompok dan konseling kelompok, dan berbagai macam permasalahan lainnya. Oleh karena itu sangat penting konselor melakukan evaluasi manajemen pelayanan BK untuk setiap jenis dan kegaitan pendukung bimbingan dan konseling yang diselenggarakan. Sehingga dari layanan yang diikuti oleh klien dapat efektif dan membantu dirinya ke luar dari permasalahan yang dialaminya. Adapaun evaluasi manajemen yang perlu dilakuan konselor yaitu evaluasi perencaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi hasil pelaksaan pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-30