Resiliensi Remaja Dampak Broken Home di SMP Negeri 44 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v6i2.6118Abstract
Penelitian ini berlandaskan akan kesulitan anak broken home untuk menerima keadaan dirinya, tidak dapat bangkit dari permasalahan masa lalu untuk menghadapi masa depan. Anak dampak broken home berhak memiliki kesempatan untuk menjadi anak yang resilien. Resiliensi menjadi kemampuan guna melakukan adaptasi, pertahanan juga mengatasi serta penyelesaian akan masalah pasca menghadapi kesengsaraan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui resiliensi yang dimiliki remaja dampak keluarga broken home di SMP Negeri 44 Semarang. Analisis data Interpretative Penemenological Analysis (IPA) menjadi metode Kualitatif Fenomenologis yang dipakai dengan penghimpunan data memakai wawancara secara lebih detail dan mendalam akan tiga informan remaja di sekolah menengah pertama. Mengacu akan hasil penelitian yang telah dijalankan terhadap tiga partisipan dari SMP Negeri 44 Semarang, maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya subjek sudah memiliki beberapa aspek resiliensi yang positif. Pada aspek I Am, adanya penerimaan terhadap kenyataan, harapan untuk masa depan. Pada aspek I Have, adanya dukungan sosial yang didapatkan dari teman dan lingkungan sekitar, walaupun kurangnya dukungan dari keluarga tidak membuat subjek begitu menyerah. Pada aspen I Can, subjek memiliki inisiatif dengan membaca buku dongeng di perpustakaan sekolah dan berolahraga badminton serta jogging, dengan melakukan aktivitas tersebut membantu menenangkan pikiran dan mengatasi perasaan emosional.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfina Rizky Nur Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.