Pengembangan Media Poster bermuatan Teknik Self-talk untuk Menumbuhkan Percaya Diri Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v6i2.6225Abstract
Sikap percaya diri merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuan diri sendiri dalam menghadapi suatu tantangan, pengambilan keputusan serta pencapaian sebuah tujuan. Seseorang yang kurang memiliki sikap percaya diri akan menjadikan orang itu ragu atas kemampuannya sendiri, ragu dalam menyampaikan gagasan serta bimbang dalam menentukan keputusan. Bila ketidakpercayaan diri kurang diperhatikan akan menyebabkan sesorang menjadi kesulitan untuk pengembangan diri, kesulitan menjalin hubungan dengan orang lain dan bahkan menyebabkan gangguan mental seperti kecemasan maupun depresi. Maka dari itu diperlukan adanya upaya untuk mencegah problematika tersebut agar siswa mampu berkembang untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut dengan “Research and Development”. Metode penelitian ini merupakan suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk atau inovasi baru kemudian diuji keefektifan dari produk tersebut. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yaitu media bimbingan dan konseling berbentuk poster yang berisi kalimat-kalimat self-talk. Hasil uji ahli bimbingan dan konseling mendapatkan jumlah rerata persentase sebesar 82,81% dengan kategori yang dicapai adalah “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan mendapatkan jumlah persentase sebesar 78,125% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan keberterimaan yang tinggi tersebut, produk dapat digunakan atau diimplementasikan sebagai media pelayanan dasar kepada siswa. Pada penelitian selanjutnya, temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk menguji keefektifan media poster sebagai media untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novia Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.