PENERAPAN STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOPOK UNTUK PEANTAPAN PEMILIHAN KARIR SISWA

Authors

  • Liza Maulida

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.684

Keywords:

pilihan karir, self management, bimbingan kelompok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan strategi self-management dalam bimbingan kelompok terhadap pemantapan pemilihan karier pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Rancangan penelitian ini adalah one group pre-test post-test design, diberikan kepada 6 orang siswa kelas XI MIPA 4 yang mendapat skor pemantapan pemilihan karier rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah skala pengukuran pemantapan pemilihan karier pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah analisis non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil interpretasi menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,027 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya pengaruh signifikan dalam bimbingan kelompok dengan strategi self-management terhadap pemantapan pemilihan karier pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Menganti Gresik.  

 

Author Biography

Liza Maulida

Nama: Liza_Maulida

NIM:165000074

Asal_universitas: Universitas_PGRI_Adi_Buana_Surabaya 

Published

2020-06-15

Issue

Section

Artikel