Peran Konseling Client Centered Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Authors

  • Kusuma Ratih Nur Chasanah universitas veteran bangun nusantara
  • Awik Hidayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Aldila Fitri Radite Nur Maynawati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.710

Abstract

Di dalam studi kepustakaan ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan tentang peran konseling client centered dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Studi Kepustakaan. Hasil dari studi pustaka ini adalah 1) Keberhasilan penerapan peran konseling client centered dalam meningkatkan kepercayaan diri bahwa pendekatan client centered sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. 2) Pengaplikasian pendekatan client centered dapat dilaksanakan dengan konseling individu dan konseling kelompok serta bimbingan kelompok dengan pemberian tugas tertentu yang bertujuan untuk memudahkan dalam membantu menyelesaikan masalah siswa/klien. 3) Sasaran atau penerapan konseling client centered ialah pada siswa SMP, SMA dan SMK.Bagi guru BK supaya terus mengeksplorasi dirinya dalam menggunakan pendekatan-pendekatan konseling saat melakukan layanan Bimbingan dan Konseling serta mengintensifkan pemberian layanan konseling dengan pendekatan client centered terutama dalam mengatasi masalah kepercayaan diri rendah yang dihadapi klien.

Published

2020-06-15

Issue

Section

Artikel