MENINGKATKAN MINAT BACA PADA BUKU PELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Muhammad Arief Maulana Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Nuri Susanti Program Keluarga Harapan, Dinas Sosial Kabupaten Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.823

Abstract

Rendahnya minat membaca pada buku pelajaran dialami oleh siswa SMP sehingga dapat mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui penyebaran DCM pada siswa SMP N 6 Sukoharjo, didapatkan bahwa dari jumlah siswa sebanyak 32 siswa, terdapat 20 siswa yang jarang membaca buku pelajaran. Mereka hanya membaca buku pelajara bila akan menghaddpi ujian, ulangan, ataupun tugas. Membaca buku pelajaran merupakan hal yang fundamental dalam aktivitas belajar, sarana untuk memahami sesuatu hal yang perlu diketahui oleh siswa dalam rangka mengembangkan kemampuan kognitif akademik. Minat baca merupakan ketertarikan yang tinggi terhadap buku pelajaran yang muncul atas kemauan sendiri. Peneliti ingin mencoba untuk meningkatkan minat baca terhadap buku pelajaran melalui layanan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok memberikan kesempatan bagi anggota untuk saling beragumentasi dan membahas topik  umum yang penting untuk diketahui oleh anggota, sehingga dapat memberikan pemahaman dan merubah perilaku secara tidak langsung. Uji wilxocon diperoleh nilai Z hitung sebesar -2.80, karena nilai ini dianggap nilai mutlak maka tanda negatif tidak diperhitungkan, jadi nilai Z hitung didapatkan sebesar 2.80. Untuk selanjutnya nilai ini dbandingkan dengan Z tabel dengan taraf kesalahan 0.025, maka didapat nilai Z tabel sebesar 1.96 berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa nilai 2.80 lebih dari 1.96 maka Z hitung lebih besar dari Z tabel. Oleh sebab itu hipotesis diterima. Maka dengan demikian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat membaca siswa pada buku pelajaran

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka cipta

Azwar, Syarifudin. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gibson, Robert & Mariane Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jalal, Fasli. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Dirjen PMPTK Depdiknas

Nathanson, S., Pruslow, J. & Levitt, R. 2008. The Reading Habits and Literacy Attitudes of Inservice and Prospective Teachers: Results of a Questionnaire Survey. Journal of Teacher Education 2008; 59; 313

Romlah, Tatik. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Jakarta : Dikti PPLPTK

Semiawan, Conny R. 2002. Belajar Dan Pembelajaran Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Siregar, A.R. 2008. Strategi Mengembangkan Kebiasaan Membaca Mahasiswa. (diunduh tanggal 15 November 2010). http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1802/1/08E00519.pdf

Siswati. 2010. Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I). Jurnal Psikologi Vol 08 No 2. Fakultas Psikologi. Undip. (https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/download/2957/2643)

Sukardi, Dewa Ketut. 2012. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta

Walgito, Bimo. 2004.Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Wicaksana, Galuh. 2011. Buat Anakmu Gila Baca. Yogyakarta : Buku Biru

Winkel.W.S & M.M. Hastuti.Sri.2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi

Yulia, Anna. 2005. Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: PT. Gramedia

Published

2020-06-15

Issue

Section

Artikel