PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ( ANAK CACAT) DI KECAMATAN RANO KABUPATEN TANA TORAJA

Authors

  • Handayani Handayani Sura' Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Muhammad Junaedi Mahyuddin

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.824

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran peranan orang tua dalam membimbing anak dan cara yang digunakan orang tua dalam membimbing anak yang berkebutuhan khusus (anak catat) di kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja. Bagaimana metode yang digunakan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak berkebutuhan khusus (anak cacat) di kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa peran orang tua dalam membimbing anak yang memiliki ketidak sempurnaan tubuh atau anak yang berkebutuhan khusus sangat penting, karena adanya bimbingan dari orang tua sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung dapat membuat anak lebih percaya diri, lebih bisa bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan dimana dia bisa bergaul dengan teman sebayahnya yang memiliki anggota tubuh yang lengkap. Sehingga anak tersebut bisa bergaul dengan masyarakat yang ada di lingkungannya.

References

Ahmadi, Abu dan Uhbiyati Nur, 2001, Ilmu Pendidikan Islam, Cet: II, Jakarta: Rineka cipta

Daradjat Zakiah, 2000 , Ilmu Pendidikan Islam, Cet IV. Jakarta: Bumi aksara

Hurlock B, Elizabeth (Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo, Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi V. Jakarta: Erlangga

Kemenkes, 2013. Profil Kesehatan Indoneia 2012. Kemenkes RI.

Mansur, 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Moleong Lexy J, 2005. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Siahaan N Henry, 1986. Peran Ibu Bapak Mendidik Anak. Bandung: Aksara

Soetjiningsih. 2010. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Suryosubroto, 1990. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Undang-undang SISDIKNAS 2005, (Sistem Pendidikan Nasional) UNDANG-UDANG RI No. 20 Th 2003. Jakarta: Sinar Grafika

Yusuf Samsu, 2002. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Wauran, M. 1997. Pendidikan Anak Sebelum Sekolah. Bandung: Indonesia Publishing House

Published

2020-06-15

Issue

Section

Artikel