PERAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENGURANGI AGRESIFITAS REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.853Abstract
Di dalam Studi kepustakaan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bimbingan kelompok teknik self-management dalam mengurangi tingkat agresifitas remaja khususnya pada kalangan pelajar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini ialah studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini ialah 1) Keberhasilan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik self-management dalam mengurangi agresifitas remaja. 2) Pengaplikasian layanan untuk mencapai keefektifan yang dapat digunakan salah satunya adalah layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self-management. 3) Sasaran penerapan layanan bimbingan kelompok teknik self-management ialah pada siswa SMP, SMA, dan SMK. Bagi Guru BK agar lebih bisa memahami dan mengamati kecenderungan perilaku siswa yang mengarah pada perilaku agresif (kasar) terhadap teman sebyanya. Dan tidak segan memberikan hukuman apabila tingkat agresifitas melampaui batasan wajar.
Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Self-Management, Agresifitas Remaja.
Downloads
References
Amaliasari, Risqi Dwi, dan Uun Zulfiana. 2019. Hubungan antara Self Management dengan perilaku Agresi pada siswa SMA. Diunduh di http://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/9257/pdf Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Qurun Komalasari, Gantina., Eka Wahyuni., dan Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks. Myers, David G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika Nursalim, M. 2013. Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press.Prayitno, Afdal, Ifdil, Zadrian Ardi. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jurnal Advice, Vol 2 (2); p.146-156, Desember 2020 ISSN (Cetak): 2685-9130/ISSN (Online) : 2685-9122
journal.univetbantara.ac.id | 156
Putra Buana, Andi Riswandi. 2015. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kecenderungan perilaku agresif peserta didik di SMKN 2 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Diunduh di https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/406 Sa’diyah, Halimatus dkk. 2017. Penerapan Teknik Self Management untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Diunduh di http://e- journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/1018 Salmiati, dan Nur Astuti. 2018. Penerapan Teknik Self Management dalam mengurangi Tingkat Perilaku Agresif Siswa. Diunduh di https://www.researchgate.net/publication/325002513_Penerapan_Teknik_ Self_Management_Dalam_Mengurangi_Tingkat_Perilaku_Agresif_Siswa Suntari, Eria dan Diana Ariswanti Triningtyas. 2015. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Play terhadap kecenderungan perilaku agresif siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan. Diunduh di http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/447 Thalib, S.B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.