KARAKTERISTIK DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU GENDONG DI DESA KIRINGAN, JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32585/ags.v7i2(is).4355Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan atribut yang menjadi keputusan pembelian jamu gendong di Desa Kiringan. Jumlah responden sebanyak 100 orang yang dipilih secara acak. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis fishbein. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen jamu gendong di dominasi berjenis kelamin perempuan, rata-rata usia 21-30 tahun, berstatus menikah, pendidikan terakhir SMA, dan memiliki pendapatan perbulan < Rp.1.500.000,00. Atribut yang menjadi keputusan pembelian jamu gendong ada 11 atribut yaitu meliputi rasa, khasiat, komposisi, merek, kemasan, harga, keamanan, kemudahan dan ketersediaan. Atribut yang menjadi pertimbangan keputusan pembelian yaitu atribut khasiat, atribut rasa, dan atribut keamanan. Dengan total skor khasiat 8,05, rasa 6,57, keamanan 5,76. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen sebelum membeli memperhatikan manfaat yang ada pada produk dan rasa yang menjadi pertimbangan pembelian ulang.
Kata kunci : Karakteristik, Atribut, Jamu, Keputusan Pembelian
Downloads
References
Ariana (2016). Analisis Perilaku Konsumen Pada Keputusan Pembelian Beras Organik. 1–23.
Biofarmaka IPB. (2013). Kualitas Bakteriologis Jamu Gendong yang Dijual di Kota Padang. 1–5. http://scholair.unaind.aic.id/15662/2/baib 1.pdf
Chasanah, S. U., & Syarifah, N. (2017). Hubungan Karakteristik Individu Penderita Hipertensi Dengan Derajat Hipertensi di Puskesmas Depok II Sleman Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, 2(1), 1–9.
Defitasari, Widayanti, S., Indah, P. N., & Syaih, M. Ai. (2022). Analysis Of Consumer Preferences For Traditional Herbal Drinks In Gondang Subdistrict Nganjuk Regency. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 9(2), 513–526.
Dewi et all. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Pembibitan TOGA Di Desa Wisata Jamu Kiringan. Jurnal Vokasi, 6(3), 180–184.
Dewi, N., & Jaitrai, M. (2013). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(2), 254168.
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Hargai, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMJ), 4(2), 80–98.https://doi.org/10.24176/bmaij.v4i2.6663
Firmansyah. (2018). Pertumbuhan Industri kimia , Farmasi dan Jamu Tradisional tahun 2020. 1–8.
Habibah. (2016). Pengaruh Minat Beli , Karakteristik Produk Dan Penilaian Konsumen Terhadap Pembelian Produk Selai Mai Paindemi Covid-19 Pandai Pengguna Aplikasi Online Di Kota Medan. Jurnal Ai MAi MI …, 2, 350–356. http://jurnail.ceredindonesiai.or.id/index.php/aikmaimi/airticle/view/183
Haisainaih, Ai., & Noor, T. I. (2021). Analisis Preferensi Rumah Tangga Terhadap Produk Jamu Selama Maisai Paindemi Covid-19 Di Rumah Tanggai, Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1004. https://doi.org/10.25157/mai.v7i2.4961
Indrasurya, B. (2010). Manajemen Pemasaran. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 10–48.
Kotler & Keller. (2008). Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern. E-Jurnal EP UNUD, 2303–0178, 2344–2372.
Kotler & Keller. (2009). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Pedaging. https://osf.io/preprints/inairxiv/npjqh/
Lestari, Ai., & Simarmata Yt. (2018). Pengetahuan Masyarakat Jailani Tentang Tanaman Bahan Dasar Jamu Tradisional Di Desa Brohol Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara. Buddayah : Jurnal Pendidikan Antropologi, 1(1), 7. https://doi.org/10.24114/bdh.v1i1.8552