Strategi Pengelolaan Sekolah Lansia Salimah Melalui Optimalisasi Fasilitator

Authors

  • Titik Haryanti Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat UNS, FKM Univet Bantara
  • Nur Ani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Naj'wa Salsabila Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Intan Istiqomah Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v6i2.7168

Abstract

Pertumbuhan populasi lansia di Kabupaten Sukoharjo menunjukkan urgensi akan penguatan kapasitas edukasi yang inklusif dan berkelanjutan. Program Sekolah Lansia Salimah (Salsa) yang diinisiasi oleh PD Salimah Sukoharjo mengalami keterbatasan pelaksanaan akibat minimnya fasilitator yang terlatih. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi peran fasilitator melalui intervensi terstruktur berupa sosialisasi, edukasi, pelatihan, kunjungan lapangan, pendampingan, monitoring dan evaluasi. Metode partisipatif berbasis komunitas diterapkan, melibatkan 12 Pimpinan Cabang (PC) Salimah sebagai sasaran utama. Hasil evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta secara signifikan (p < 0.001), disertai pembentukan unit Salsa aktif di wilayah Bendosari. Tim fasilitator terbentuk di seluruh PC, dilengkapi dengan modul pelatihan dan didampingi secara daring pasca kegiatan. Program ini berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas komunitas dalam penyelenggaraan pembelajaran lansia yang sehat, mandiri, dan produktif, serta mendukung capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

Kata kunci: lansia, fasilitator, Sekolah Lansia Salimah (Salsa)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Naj'wa Salsabila, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Kesehatan Masyarakat FKMIK

Intan Istiqomah, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Kesehatan Masyarakat FKMIK

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Haryanti, T., Ani, N., Salsabila, N., & Istiqomah, I. (2025). Strategi Pengelolaan Sekolah Lansia Salimah Melalui Optimalisasi Fasilitator. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 6(2), 199–208. https://doi.org/10.32585/ijecs.v6i2.7168

Issue

Section

Artikel