Transfer Teknologi Pengolahan Daging Bebek

Authors

  • Siska Cicilia Prodi: ITP, Fakultas teknologi pangan dan agroindustri, Universitas Mataram
  • Rini Nofrida

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v1i1.778

Abstract

Bebek merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dipelihara dan dibudidayakan untuk dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatan daging bebek sudah banyak dilakukan menjadi beberapa produk olahan seperti lalapan dan geprek. Kedua produk tersebut sedang menjadi trend kuliner di masyarakat. Salah satu daerah yang masyarakatnya banyak menjadi peternak bebek adalah Desa Pengadang Praya Lombok Tengah. Kendala yang dihadapi adalah sebagian dari peternak belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah daging bebek sehingga mereka menjual daging bebek ke pedagang lalapan yang ada di Lombok Tengah hingga Mataram. Tujuan kegiatan pelatihan ini dapat memberi tambahan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah daging bebek menjadi produk lainnya. Kegiatan ini melibatkan peternak bebek dan ibu-ibu rumah tangga di desa tersebut dengan memberikan transfer teknologi jenis olahan daging bebek dilanjutkan dengan membuat olahan daging bebek tersebut. Pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi dan menunjukkan para peserta mendapat peningkatan pengetahuan tentang jenis-jenis olahan daging bebek dan cara pengolahan yang tepat.

Author Biography

Siska Cicilia, Prodi: ITP, Fakultas teknologi pangan dan agroindustri, Universitas Mataram

Prodi: ITP,  Fakultas teknologi pangan dan agroindustri, universitas; unram

References

Akhadiarto. 2002. Kualitas fisik daging itik pada berbagai umur pemotongan. Pusat. Pengkajian dan Penerapan Teknologi Budidaya Pertanian. BPPT, Bogor.

Baiwat, Y.F., 2004. Pangan dan Gizi. Penebar Swadya: Jakarta

Soeparno. 1994. Ilmu dan Teknologi Daging Cetakan ke-2. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Susilorini, T.E, Muharlien dan M.E. Sawitri. 2008. Budidaya 22 Ternak Potensial. Penebar Swadaya. Jakarta..

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Cicilia, S., & Nofrida, R. (2020). Transfer Teknologi Pengolahan Daging Bebek. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.32585/ijecs.v1i1.778

Issue

Section

Artikel