Pendampingan Revitalisasi Lapangan Desa Ngabeyan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Authors

  • Suryo Handoyo
  • Teguh Yuono

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v1i1.790

Abstract

Desa Ngabeyan adalah desa di wilayah Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.  Kartasura adalah kecamatan yang mempunyai lokasi strategis sebagai titip pertemuan jalur mobilisasi barang dan manusia.  Jalur Jogya, Semarang dan Solo sebagian besar akan melewati wilayah Kartasura.  Potensi wilayah sebagai titik pertemuan jalur adalah timbulnya potensi strategis wilayah tersebut.  Pertambahan kepadatan hunian dan semakin rapatnya mobilisasi barang dan manusia. Kondisi tersebut akan membawa konsekuensi yang bersifat positif dan negatif yang harus mulai diantisipasi guna kehidupan masyarakat yang lebih baik. Desa Ngabeyan memiliki lapangan Ngabeyan yang merupakan aset sangat potensial karena keberadaan tanah terbuka yang cukup luas di tengah wilayah yang semakin rapat adalah sesuatu yang bernilai.  Perlu ada optimalisasi potensi tersebut sehingga dapat lebih memberi kemanfaatan.  Guna mencapai hal tersebut maka tim pengabdian masyarakat akan melakukan desain lapangan Ngabeyan.  Dengan tujuan agar keberadaan lapangan tersebut dapat lebih bermanfaat dan mudah dalam perawatan.

References

Abidin, H.Z. 2007, Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya, Pradnya Paramita Jakarta.

Badan Pertanahan Nasional. 1998. Petunjuk Teknis Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional no 3 Tahun 1997 Materi Pengukuran dan Pemetaan Pendaftaran Tanah. Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kabupaten Sragen dalam Angka. Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kecamatan Masaran dalam Angka. Badan Pusat Statistik.

Das, Braja M. 1998. Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis) jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Mukomuko, Ir.J.A. 1985. Dasar Penyusunan Anggaran Biaya Bangunan. Jakarta, Gaya Media Pratama.

Rochmanhadi, 1990, Pengantar dan Dasar-dasar Pemindahan Tanah Mekanis. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Rochmanhadi, 1993, Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan dengan Menggunakan Alat-alat Berat. Cetakan ke-2 Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Suripin, 2003, Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan, Yogyakarta, Andi

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Handoyo, S., & Yuono, T. (2020). Pendampingan Revitalisasi Lapangan Desa Ngabeyan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.32585/ijecs.v1i1.790

Issue

Section

Artikel