Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study di Program Studi Pendidikan Biologi
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v1i1.245Abstract
Kualitas siswa dalam Program Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara tidak dalam kualitas tertinggi. Tetapi kompetensi kelulusan standar diperlukan di tingkat yang baik. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan keterampilan dalam kegiatan belajar. Peningkatan aktivitas pembelajaran telah dilakukan melalui pendekatan saintifik berbasis lesson study pada mata kuliah sistematika tumbuhan tinggi melalui 4 siklus. Setiap siklus memiliki tahapan perencanaan-lihat-lihat. Data diperoleh dari deskripsi tahapan plan-do-see dan analisis dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi rencana itu layak dan teliti. Implementasi do bahwa perkuliahan dapat mengatur waktu dengan baik, memberikan motivasi dan ketepatan pada kesalahpahaman yang disampaikan oleh mahasiswa; selain itu, aktivitas belajar siswa dan kemandirian mereka selama kegiatan belajar semakin meningkat. Implementasi see dapat meningkatkan kolaborasi antar dosen dalam menyusun rencana selanjutnya. Studi ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan ilmiah berdasarkan studi pelajaran dapat meningkatkan keterampilan dosen dalam melakukan kegiatan belajar siswa, meningkatkan kegiatan belajar siswa dan meningkatkan kemandirian siswa.
Kata kunci: keterampilan belajar, lesson study, pendekatan saintifik
Downloads
References
Atwi, S.M. (2005). Pekerti Mengajar di Perguruan Tinggi Desain Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Cerbin, W.& Kopp, B. (2006). Lesson Study as a model for building pedagogical knowledge and improving teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education,18(3), 250–257.
Khaeriyah, S., Shofiyati, Maliku, A., & Yetty, D. (2011). Implementasi Lesson Studi Menerapkan Model STAD untuk Meningkatkan Interaksi. Eksplorasi, dan Motivasi Siswa Pada Bahasa Dispersi di Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 1-11.
Mukhan, S. (2013). Karakteristik Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Kurikulum 2013 dalam http://penelitiantindakankelas.blogspot.com (diakses 21 Nopember 2013).
Mukhtar, A. R. (2013). Keistimewaan dan Tantangan Lesson Study. Jakarta: Badan Litbang & Diklat Kementrian Agama RI
Mulyana, S. (2007). Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat
Sudrajat, A. (2013). Pendekatan Saintifik/Ilmiah dalam Proses Pembelajaran dalam http://akhmadsudrajat.wordpress.com (diakses 21 Nopember 2013)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.