Pengaruh Scientififc Approach dalam Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa

Authors

  • Ria Widi Astuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun
  • Pinkan Amita Tri Prasasti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i1.246

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental yang dilakukan di SDN Kismantoro Miri Kabupaten Wonogiri. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah kelas tiga. Kelas tiga SDN Miri berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk posttest yang disediakan dalam kelompok kontrol atau kelas eksperimen. Data diperoleh dari hasil belajar siswa nilai postes. Uji validitas suatu masalah dengan menggunakan tabel korelasi r, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Spearman-Brown. Berdasarkan penelitian dilakukan perbedaan penelitian dalam hasil yang diperoleh, seperti yang ditunjukkan oleh perbedaan nilai rata-rata. Berdasarkan hasil uji-t dengan ? = 5% diperoleh Tobs = 1.68205> 5.990 dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan pendekatan Appoarch Scientific untuk memperoleh hasil belajar sains lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode konvensional. Jadi penggunaan model ini efek singnifikan pada hasil belajar IPA siswa kelas tiga SDN Kismantoro Miri Kabupaten Wonogiri.

Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran ilmiah, Keterampilan Proses Sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ria Widi Astuti, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

Pinkan Amita Tri Prasasti, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

References

Abdullah Sani, R. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Aktamis. H. (2008). The Effect of Scientific Process Skills Education on Students’ Scientific Creativity, Science Attitudes and Academic Achievements (Online), diunduh 30 Agustus 2016.

Aly, A dan Eny. (2013). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aydogdu. B. (2015). The Investigation of Science Process Skills of Science Teacher in Terms of Some Variables (Online), diunduh 30 Agustus 2016.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Hamidah. I. (2013). The Profile of Science Process Skill(SPS) Student at Secondary High School( Case Study in Jambi) (Online), diunduh 30 Agustus 2016.

Hidayat. A. (2013). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Kelas IB SD N 1 Bantul Tahun Ajaran 2013-2014 (Online), diunduh 28 Agustus 2016.

Lazim. M. (2013). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 (Online), diunduh 28 Agustus 2016.

Manuaba. S. (2014). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Menggunakan Media Kongkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Tampaksiring (Online), diunduh 27 Agustus 2016.

Mintarina Nulfita. I. (2013). Implementasi pendekatan Saintifik Dan Karakter Dalam Pembelajaran Sains Menyongsong Generasi Emas Indonesia (Online), diunduh 28 Agustus 2016.

Mohamad, N dan Uno. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudjiono dan Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. M. (2014). Memahami Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Matematika (Online), diunduh 27 Agustus 2016.

Otoni Harefa. A. (2011). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2010/2011 (Online), diunduh 27 Agustus 2016.

Pinkan Amita. (2012). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Ranah Kognitf Dan Ranah Afektif Siswa Kelas X Semester Genap Sma Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012(Online), diunduh 20 juni 2016

Selfi. L. (2012). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas IV SD Inpres Pedanda (Online), diunduh 27 Agustus 2016.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sukarno. (2014). Profil Pembelajaran Sains Berbasis Kelas Sebagai Upaya Mengembangkan KPS dan Meningkatkan PKS Siswa (Online), diunduh 16 juni 2016.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Vaulina. J. (2013). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Ekonomi SMA Kelas XI Materi Ketenagakerjaan (Online), diunduh 20 juni 2016.

Wisudawati, W dan Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunus. M. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tenggarong (Materi Suhu dan Kalo) (Online), diunduh 28 Agustus 2016.

Zakiah Zikra. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Anak Tunanetra Kelas 1(Online), diunduh 18 juni 2016.

Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2019-03-30

How to Cite

Astuti, R. W., & Prasasti, P. A. T. (2019). Pengaruh Scientififc Approach dalam Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Biology Learning, 1(1). https://doi.org/10.32585/.v1i1.246

Issue

Section

Artikel