Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Foto untuk Siswa Kelas V SDN Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v1i1.247Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN Ngepeh Kecamaatan Saradan, Kabupaten Madiun dalam menulis surat undangan dengan menggunakan foto.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data triangulasi, dan dalam kegiatan analisis dan kegiatan pengumpulan data menggunakan siklus. Berdasarkan hasil penelitian PTK adalah hasil siklus I keterampilan menulis siswa menunjukkan penguasaan subjek penelitian yaitu 59,2%. Pada siklus II hasil menunjukkan bahwa penguasaan keterampilan menulis siswa mencapai 83,2%, hasil peningkatan keterampilan menulis siklus I ke siklus II sebanyak 24%. Peningkatan kemampuan menulis surat undangan hingga ketepatan viabilitas surat yang sesuai. foto, elemen elemen kelengkapan surat, ketelitian kata sopan, ketepatan kalimat, dan penggunaan ejaan dan tata bahasa alat tulis yang tepat. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa media foto dapat meningkatkan kemampuan menulis surat undangan siswa kelas SDN Ngepeh Kabupaten Saradan Madiun pada tahun akademik 2015/2016.
Kata kunci: Media Foto, Keterampilan Menulis
Downloads
References
Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta:LPP UNS dan UNS Press.
Arikunto, S., dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa.
Arikunto, S., dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Rohani, S. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Slamet. (2014). Problematika Berbahasa Indonesia dan Pembelajarannya. Yogjakarta: Graha Ilmu.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Zulela, M. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.