Penerapan Model PPD (Paper, Presentation, Drawing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sains STKIP PGRI Nganjuk Pada Materi Biologi Dasar I
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v1i2.387Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Sains STKIP PGRI Nganjuk pada mata kuliah Biologi Dasar I. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan sumber data dukung yang didapatkan berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan atau analisis data menggunakan model triangulasi data. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan menggunakan metode yang sama yaitu PPD (Paper, Presentation, Drawing) dimana dalam pengaplilasiannya yaitu penilaian pada Paper yang dibuat, Presentation yang mereka tampilkan, dan Drawing yaitu dimana setiap kelompok akan dinilai kreatifitasnya dalam menggambar. Pada siklus I, II, dan III pada pembuatan Paper (71,67%; 76,67%; dan 85,33%), pada siklus I, II, dan III pada pelaksanaan Presentation (73,36%; 75,45%; dan 81%), serta pada pembuatan Drawing (77%; 81%; dan 86,67%). Hasil dari penilaian Paper, Presentation, and Drawing digunakan sebagai nilai dari hasil belajar mahasiswa.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1).
Mundilarto. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Sains. Yogyakarta: UNY. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1436
Saiful Haq. (2008). Jurus-jurus Menggambar & Mewarnai dari Nol. Yogyakarta: Mitra Barokah Abadi Press.Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sutopo, H.B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/17624/UU0122012_Full.pdf
Zubaidah, Siti. (2011). Pembelajaran Sains (IPA) Sebagai Wahana Pendidikan Karakter. Malang: UM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.