Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v1i2.391Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat empat tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif komparatif. Indikator kinerja penelitian ini adalah tercapainya aktivitas belajar sebesar 80% dan hasil belajar sebesar 80% dan siswa dapat mencapai nilai KKM 74. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan PBL persentase aktivitas belajar IPA siswa meningkat, pada siklus I sebesar 71%, siklus II 87%. Persentase ketuntasan hasil belajar IPA siswa juga meningkat. Pada siklus I sebanyak 79,17%, siklus II 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi zat aditif bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Amir, M. Taufik.(2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Media Group
Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1).
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: RefikaAditama.
Rusman. (2014) .Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta :RajawaliPers
Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Inovasi Pembelajaran.Jakarta :BumiAksara
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.