Perbandingan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Snowball Throwing Dan Konvensional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v1i2.506Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan metode snowball throwing dan konvensional siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan quasi eksperimental yang mengungkap hubungan antara dua variabel atau lebih atau mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan metode snowball throwingdan metode konvensional siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis untuk uji-t diperoleh nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,00 lebih kecil dari 0,05 (sig < 0,05). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan metode snowball throwingdan metode konvensional siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Metode Konvensioanl, Hasil Belajar, IPA
Downloads
References
Asiyah, A., & Walid, A. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Challenge Based Learning Materi Lingkungan untuk Memberdayakan Kemampuan Interpretasi dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 275-288.
Djamarah, Bahri, S., dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Khasanah, N., Sajidan, S., Sutarno, S., Prayitno, B. A., & Walid, A. (2019). Critical Thinking Ability and Student’s Personal Religious Beliefs: An Analysis of DBUS Model Implementation. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 41-49.
Muhibbin, S. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning. Yogyakarta: Putaka Pelajar.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Walid, A., Sajidan, S., & Ramli, M. Constructing A Test for Assessing Higher Order Thinking Skills of High School Students on Reproductive System. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 371-377).
Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R. G. T. Construction of The Assessment Concept to Measure Students' High Order Thinking Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 237-251.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.