Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Konsep Keanekaragaman Hayati Menggunakan Model Inkuiri
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v1i2.527Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X SMAN 4 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes pilihan ganda yang berjumlah 24 soal untuk menilai kemampuan kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menyatakan pada kelas eksperimen dengan (? = 0,05) didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati kelas X di SMA Negeri 4 Palembang.
Kata Kunci: lingkungan sekolah, sumber belajar, inkuiri terbimbing, hasil belajar.Downloads
References
Anni, C.T. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Brahim, T.K. (2007). Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur, (9), 37-49.
Dewi, N.L., Dantes, N., & Sadia, I.W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (3).
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Istiani, R.M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Unnes Journal Of Biology Education, 4 (1), 70-80.
Kemdikbud. (2017). (Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah). (Online). (https://puspendik.kemdikbud.go.id/ hasil-un/). Diakses pada Rabu, 15 November 2017.
Kurniawan, A.D. (2013). Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemanfaatan Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (1).
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1), 28-35.
Nugroho, A. A., & Hanik, N. R. (2016). Implementasi Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistematika Tumbuhan Tinggi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 41-44.
Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3 (1), 27-32.
Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7, 106-110.
Ramawati, I., Maryani, E., & dan Mulyana, A. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan Geografi, 16 (1), 66-87.
Sandi, T. (2015). Hasil Belajar Kimia Melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Nalar Pendidikan. 3 (1), 205-211.
Setiawan, I.G.A.N. (2008). Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikaan, 2 (1), 42-59.
Sjukur, S.B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi dan hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (3), 368-378
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.