PENGELOLAAN LIMBAH PADAT MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IR SOEKARNO KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • Akhmad Azmiardi Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Jawa Tengah http://orcid.org/0000-0002-7021-4528
  • Dara Fitri Andrian Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Suryono Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32585/jikemb.v4i1.2319

Keywords:

Limbah Padat, Pengelolaan Limbah, Rumah Sakit

Abstract

Limbah medis adalah limbah yang berasal dari pelayanan medis. Pengelolaan limbah adalah cara menghancur atau memusnahkan barang atau benda medis yang sudah tidak terpakai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengelolaan limbah padat medis RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif dengan pendekatan evaluatif yang berpedoman pada Permenkes No 7 Tahun 2019. Ruang lingkup penelitian berupa fasilitas pengelolaan limbah medis. Objek penelitian ini berupa unit pengelolaan limbah medis. Data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analis data yang digunakan menggunakan teori metode dari milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Berdasarkan hasil penelitian langsung di RSUD Ir Soekarno ditemukan bahwa rata-rata sumber limbah berasal dari rawat inap dan sumber limbah tersebut dilakukan pengelolaan di RSUD dari proses pemilahan hingga tahap TPS.Pengangkutan dilakukan oleh PT Arah Environment Indonesia.Kendala yang di alami dari RSUD adalah kurangnya jalur khusus menuju TPS dan APD yang masih belum lengkap.

Kesimpulan masih ada beberapa yang belum sesuai dengan alur pengelolaan limbah padat medis yang diatur dalam Permenkes No 7 Tahun 2019 yaitu pada proses pengangkutan limbah dan APD petugas yang digunakan dan ada beberapa yang sudah sesuai mulai dari proses pemilahan,pewadahan dan TPS. Disarankan bagi pihak RSUD Ir. Soekarno untuk melakukan evaluasi dan meningkatan mutu kinerja SDM serta meningkatkan sarana dan prasarana dalam pengelolaan limbah padat medis rumah sakit.

References

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. 2020. Data Timbunan Limbah Medis Padat Rumah Sakit di Kabupaten Sukoharjo. Sukoharjo: Dinas Kesehatan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2021. Data Limbah Medis Fasyankes di Indonesia. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Maulana M, Kusnanto H, Suwarmi A (2015). Solid waste management at the RS Jogja and RS PKU Muhammadiyah in Jogja. JKKI: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia. JKKI, Vol 7, No 1.

Notoadmojo S, 2007. Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta.: Rineka Cipta.

Nursamsi N, Thamrin T, Efizon D, 2017. Analisis Pengelolaan Limbah Medis Padat Puskesmas di Kabupaten Siak. Dinamika Lingkungan Indonesia. Vol 4, No 2.

Pertiwi V, Joko T, Dangiran LH, 2017. Evaluasi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. [e-journal] Vol 5: No. 3. Tersedia di: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm (diakses 1 Agustus 2021)

Prasetiawan, T, 2020. Permasalahan Limbah Medis COVID-19 Di Indonesia. Jurnal Kesejahteraan Sosial, [e-journal] Vol. XII, No.9. Tersedia di: http://puslit.dpr.go.id (diakses 4 Agustus 2021)

Pratiwi D, Maharani C (2013). Pengelolaan Limbah Medis Padat Pada Puskesmas Kabupaten Pati. Kemas: Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 9, No 1

Sitepu, Y, P, Nurmaini, Dharma, S. 2015. Sistem Pengeolaan Limbah Medis Padat dan Cair Serta Faktor-Faktor Yang Berkaitan Dengan Pelaksanaan Pengelolaan Limbah Medis Padat dan Cair di Rumah Sakit Umum Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Kesehatan Lingkungan. [e-journal] 154-155. Tersedia di: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/16574 (diakses 10 Agustus 2021)

Wulandari T, Rochmawati R, Marlenywati M (2019). Analisis Pengelolaan Limbah Medis Padat Puskesmas di Kota Pontianak. Jumantik, Vol 6, No 2 (2019).

Downloads

Published

2022-06-02