Studi Kasus Tentang Alternatif Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Anak Tunagrahita di SLB Putro Oyotasih Jatinom Klaten

Authors

  • Rini Widaningsih Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Budhi Rahardjo Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Syefira Ayudia Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jikemb.v2i1.817

Keywords:

efektivitas, perilaku, anak tunagrahita

Abstract

Salah satu masalah perilaku kesehatan biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan, lingkungan, dan munculnya penyakit yang menyerang anak adalah kebiasaan mencuci tangan. Upaya pencegahan penyakit bisa dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan anak tentang bagaimana mencuci tangan dengan baik dan benar melalui penggunaan media. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuiefektivitas Video Animasi Cuci Tangan Pakai Sabun (Studi Kasus Tentang Alternatif Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Anak Tunagrahita di SLB Putro Oyotasih Jatinom Klaten ). Metode Penelitian menggunakan diskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019 dengan teknikwawancara mendalamdilakukan dengan informan utama terdiri dari 1 Penyuluhan Kesehatan dan 3 Siswa Tunagrahita, informan tambahan terdiri dari 4 informan yaitu 2 Guru SLB Putro Oyotasih Jatinom dan 2 Orang tua siswa SLB Putro Oyotasih Jatinom.Hasil penelitian efektivitas pada anak tunagrahita secara keseluruhan mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketertarikkan mereka saat ditampilkan video animasi. Dari wawancara guru bahwa video animasi tersebut sudah tepat untuk diberikan kepada anak tunagrahita meskipun anak tunagrahita merupakan anak yang berkebutuhan khusus namun dengan video animasi anak tunagrahita dapat menangkap seperti anak pada normalnya. 

References

Arum, D.M.P. 2014. Visualisasi Tuntunan Sholat Untuk Tunagrahita Berbasis Media Interaktif. [serial online]. http://eprints.dinus.ac.id/13128/ [20 Juli 2019]

Dwi, A. M. 2016. Peningkatan Keterampilan Bina Diri Mencuci Tangan Melalui Media Video Senam Irama Pada Siswa Cerebral Palsy di SLB Rela Bhakti 1 Gamping. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Helda.2017. Journal Of Social And Economics Research. Volume 2, Nomor 1. [serial online]. [20 Juli 2019].

Kemenkes RI. 2011. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).http://promkes.depkes.go.id/download/pedoman_umum_PHBS.pdf.[18 Mei 2019].

Kholid, A. 2014. Promosi Kesehatan: Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasi untuk Mahasiswa dan Praktisi Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Moelong, L. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Nuryanti, L. 2010. Psikologi Anak. Jakarta: PT indeks.

Sari, dkk. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Upaya untuk Pencegahan Penyakit Diare pada Siswa di SD N Karangtowo Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak. Jurnal Kesehatan Masyarakat - FKM UNDIP Vol. 4 No. 3. ISSN: 2356-3346.

Somantri, T. S. 2011. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Vivi, A. 2017. Pengaruh Media Audio Visual Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun Anak Pra Sekolah di TK Cendana Murni Desa Cendono Kecamatan Padangan Bojonegoro. Tugas Akhir. Jombang : STIKES Insan Cendekia Medika.

Published

2020-08-07