Author Guideline

PETUNJUK PENYUSUNAN NASKAH PUBLIKASI

Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala menerima naskah ilmiah berupa hasil penelitian, studi literatur/ artikel review, editorial dan makalah ilmiah/ paper.  Naskah merupakan penelitian dalam ruang lingkup kesehatan masyarakat.

Naskah yang masuk akan direview dan diseleksi oleh Dewan Redaksi dan Reviewer. Naskah yang telah dikoreksi, akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki, selanjutnya akan diinformasikan kembali terkait penerimaan atau penolakan naskah yang telah diajukan oleh penulis.

Aturan Penulisan Jurnal :                                                                                                        

  1. Naskah merupakan hasil karya sendiri yang belum pernah dipublikasi/ diterbitkan di media masa, prosiding/ simposium, jurnal, dll.

  2. Naskah diketik di kertas ukuran A4.

  3. Susunan naskah terdiri dari abstrak (bahasa Inggris dan bahasa Indonesia 200-250 kata), Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka.

  4. Pendahuluan berisi latar belakang dilaksanakannya penelitian atau riset, dapat berupa data masalah atau studi pendahuluan yang dilaksanakan peneliti.

  5. Metode berisi uraian cara-cara pelaksanaan penelitian mencakup subjek penelitian, populasi dan sampel, pengumpulan data dan teknik analisa data.

  6. Hasil dan Pembahasan berisi tentang hasil penelitian yang dapat berupa grafik dan tabel. Pembahasan berisi tentang perbandingan hasil penelitian dengan teori dan hasil penelitian sebelumnya.

  7. Kesimpulan berisi pernyataan singkat tentang hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan rumusan masalah.

  8. Saran berisi tentang masukan untuk penelitian lebih lanjut untuk menutup kekurangan penelitian.

  9. Daftar pustaka memuat pustaka yang dipakai dalam peyusunan artikel ilmiah.

  10. Panjang naskah, maksimal terdiri dari 20 halaman.

  11. Font naskah ditulis dengan tipe “Times New Roman” ukuran 12 dan baris teks berjarak 1 spasi dibuat 1 kolom.

  12. Keterangan tentang penulis nama penulis tipe “Times New Roman” ukuran 12 spasi 1.

  13. Keterangan jurusan, instansi dan email ditulis di bawah judul makalah dengan font Times New Roman 10 spasi 1 style italic.

  14. Daftar Pustaka menggunakan tipe “Havard Style