Peningkatan Hasil Belajar dalam Menulis Surat Dinas Melalui Metode Examples Non Examples

Authors

  • Imtihan Syamsul Maarif

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1008

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat dinas melalui metode examples non examples siswa kelas VIIII A semester I SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo yang berjumah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan pada akhir siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dalam menulis surat dinas 80,00, dan ketuntasan minimal 90% yang diajar dengan metode examples non example. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat dinas siswa kelas VIIII A semester I SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dalam menulis surat dinas, yaitu: nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 72,9,5, pada siklus I sebesar 76,1, dan pada siklus II sebesar 81,3. Peningkatan nilai ketuntasan minimal, yaitu: sebelum tindakan 56,25%, pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 86,9%.

References

Aminuddin. (2009). Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Fananie, Zainuddin. (2002). Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Jabrohim, Chairul Anwar, dan Suminto A. Sayuti. (2009). Cara Menulis Kreatif.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Moleong, Lexy J. (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK Itu mudah (Classrom Action Research)

Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: BPFE.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva

Press.

Sudiyana, B. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cakrabook dan Bradelvi.

Sukarno. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (Prinsip-prinsip Dasar, Konsep, dan Implementasinya). Surakarta: Media Perkasa.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

JURNAL PENDIDIKAN, VOLUME 29, NOMOR 3, NOPEMBER 2020

Sutedjo dan Kasnadi. (2008). Menulis Kreatif (Kiat Cepat Menulis Surat dinas dan Cerpen). Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagi suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Maarif, I. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar dalam Menulis Surat Dinas Melalui Metode Examples Non Examples. Jurnal Pendidikan, 29(3), 253–260. https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1008

Issue

Section

Artikel