Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Pada Materi Pokok Akor Siswa Kelas VIII B Semester I SMP Negeri 3 Nguter

Authors

  • Ratna Diah Yuwani

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar seni musik materi pokok akor pada kelas VIII B SMP Negeri 3 Nguter tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Time Token. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Nguter, semester I tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator kinerja dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Siswa dianggap mencapai ketuntasan belajar apabila mencapai lebih dari atau sama dengan KKM (KKM 70), (2) Pembelajaran dianggap berhasil apabila tingkat ketuntasan kelas mencapai lebih dari atau sama dengan 85%, dan (3) Pembelajaran dianggap berhasil apabila siswa secara klasikal rata-rata mencapai lebih dari atau sama dengan 80. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif Time Token dapat meningkatkan prestasi belajar seni musik materi pokok akor pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Nguter. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu: sebelum tindakan 15 siswa atau 68,2%, pada siklus I sebanyak 17 siswa atau 77,3% dan pada siklus II sebanyak 21 siswa atau 95,5%. Sedangkan rata-rata prestasi belajar Seni musik materi pokok akor siswa sebelum tindakan sebesar 70,2, pada siklus I sebesar 73,2, dan pada siklus II sebesar 82,7.

References

Arends. (1998). Learning to Teach. New York: MC Grow Hill.Inc.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik edisi revisi 2010. Jakarta: PT Bineka Cipta.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuharini, Dewi dan Wahyuni, Tri. (2008). Seni musik Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suprijono, A. (2009). Coperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiranataputra, U. S. dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Yuwani, R. D. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Pada Materi Pokok Akor Siswa Kelas VIII B Semester I SMP Negeri 3 Nguter. Jurnal Pendidikan, 29(3), 295–304. https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1013

Issue

Section

Artikel