Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 5 Sukoharjo

Authors

  • Nurulia Dwiyanti Tamardiyah

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 5 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIIIC SMP Negeri 5 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu 70,0 mencapai ? 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas VIIIC semester I SMP Negeri 5 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai matematika siswa dari 71,2 meningkatmenjadi 80,2?80,00 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 62,5% meningkat menjadi 93,75% ? 85%.

References

Anita Lie. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Effandi Zakaria, Lu Chung Chin, and Md. Yusoff Daud. (2010). The effects of cooperative Learning on Students Mathematics achievement and Attitude towards Mathematics.

Journal of Social Scince. Vol.6 (2): Hal: 272-275.

Hamzah B. Uno dan Masri Kuadrat. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: CV Alfabeta.

Miftahul A’la. (2010). Quantum Teaching. Jogjakarta: Diva Press

Nana Syaodih Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ae - Ruzz Media.

Slavin, Robert E.. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Pedi

Syaiful Bahri Djamarah. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha

Nasional.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Tamardiyah, N. D. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 5 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 29(3), 321–330. https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1016

Issue

Section

Artikel