Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SD Negeri Serut 02

Authors

  • Roni Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan model pembelajaran kooperatif tipe ICM pada siswa kelas IV SD Negeri Serut 02 semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri Serut 02 semester I tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 8 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa melalui model pembelajaran Index Card Match. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan persentase. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa hal ini ditujukkan dengan skor awal rata- rata prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa keadaan awal 73,12 meningkat pada siklus II menjadi 83,75. Dari segi persentase ketuntasan belajar siswa, keadaan awal 50% meningkat pada siklus II menjadi 100%.

References

Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif.

Yogyakarta: Insan Mandiri 50,00% 75,00% 100,00%

Pra Siklus Siklus I Siklus II

Tabrani Rusyan,dkk. (2010). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Kurniawan, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SD Negeri Serut 02. Jurnal Pendidikan, 29(3), 331–338. https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1017

Issue

Section

Artikel