Bimbingan Klasikal Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19 di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo
Abstract
Dampak virus corona atau covid-19 mengharuskan pemerintah daerah untuk menerapkan kebijakan untuk meliburkan kegiatan pembelajaran di sekolah dan menerapkan pembelajaran daring atau Pembelajaran jarak jauh. Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di berbagai wilayah di Indonesia sejak Maret 2020, termasuk di kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan klasikal dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi akademik di tengah pandemi covid-19 yang dilaksanakan kelas XI TKR 3 SMK Bina Patria 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan menurunnya motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring dikarenakan siswa kesulitan memahami materi yang diberikan, malas melaksanakan pembelajaran daring karena dirasa membosankan. Namun setelah dilaksanakan bimbingan klasikal dengan topik motivasi belajar siswa mulai tumbuh kembali yang ditunjukkan dengan siswa mulai bersemangat mengikuti pembelajaran daring setelah mengikuti layanan bimbingan klasikal, serta siswa lebih disiplin dalam pengumpulan tugas atau pekerjaan rumah.
Kata-kata Kunci : Efektivitas Bimbingan klasikal, Motivasi Belajar, Pembelajaran daring
Full Text:
PDFReferences
Achmad, J., N. (2011). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung: Rafika Aditama
Dimyati dan Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Fathimatuzzahrah, Ainin. (2020). Keefektifan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dalam Penyelesaian Studi Siswa. Jurnal Basic Edu, Volume 2(1), April 2020, hal: 1-7
Fatimah, Dewi Nur. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, volume 14(1), hal: 28- 29
Husairi, Achsan. (2008). Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Depok: CV Arya Duta
Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi
Marsudi, S. (2003). Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Nurihsan, Achmad Juntika. (2010). Strategi Layanan Bimbingan &Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama
R, Thantawy. (2005). Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Grasindo
Salahudin, Anas. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV. Pustaka Setia
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Tim Pustaka Phoenix. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Barat: PT. Media Pustaka Phoenix
Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi & Kasus). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1071
Refbacks
- There are currently no refbacks.