Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru melalui Keteladanan Kepala Sekolah di SDN 2 Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Lilis Mulyaningsih

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1199

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kedisiplinan guru dan menganalisis peningkatan kedisiplinan guru melalui keteladanan Kepala Sekolah di SDN 2 Trembes pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subyek penelitian ini adalah 8 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik non tes. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif sesuai dengan jenis data. Sedangkan validasi data penelitian ini adalah triangulasi metode. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini adalah kedisiplinan guru meningkat, baik kedisiplinan dalam berpakaian maupun kedisiplinan dalam kehadiran, melalui keteladanan Kepala Sekolah. Pada Kondisi Awal, kedisiplinan dalam berpakaian maupun kedisiplinan dalam kehadiran yang termasuk disiplin masing-masing hanya 2 orang (25%). Pada Siklus I kedisiplinan dalam berpakaian dan kedisiplinan dalam kehadiran yang termasuk disiplin masing-masing sebanyak 4 orang (50%). Pada Siklus II kedisiplinan dalam berpakaian yang termasuk disiplin sebanyak 8 orang (100%) dan kedisiplinan dalam kehadiran yang termasuk disiplin sebanyak 7 orang (87,5%).

Kata-kata Kunci: Kedisiplinan, Guru, Keteladanan, Kepala Sekolah.

 

References

Antana, Agus Sri. (2019). Penerapan Supervisi Intel untuk Meningkatkan Klreativitas dan Kemampuan Menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas di SD Negeri Pengkol 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Volume 28(3), Nopember 2019, hal: 223-230.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwitagana, Dedi. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Dimyati dan Mudjiono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko. (2014). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hartono. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example melalui Supervisi Akademik bagi Guru Kelas di SD Negeri 02 Kedungjeruk Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Volume 28(3), Nopember 2019, hal: 239-246.

Mangkunegara. (2001). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas.

Rivai. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2001). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.

Sutrisno, Edy. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Wursanto, Ignasius. (2009). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Mulyaningsih, L. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru melalui Keteladanan Kepala Sekolah di SDN 2 Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(1), 37–46. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1199

Issue

Section

Artikel