Penerapan Metode Mind Mapping Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD di Masa Pandemi Covid-19

Sarah Nurhabibah

Abstract


Metode PTK pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif mahasiswa program studi PGSD Universitas Nusa Cendana (UNDANA) dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia dengan diterapkannya metode mind mapping berbasis daring di masa pandemi Covid-19. Terdapat dua siklus tindakan dalam penelitian ini dengan subjek penelitian ialah mahasiswa kelas IIIE berjumlah 48 orang. Analisis data diolah secara kuantitatif serta kualitatif. Di siklus I setelah diaplikasikan metode mind mapping berbasis daring dari 48 mahasiswa ditemukan data nilai hasil belajar ranah kognitif mahasiswa nilai rata-ratanya mencapai 75,26 kriteria baik. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa di ranah kognitifnya meningkat sebesar 83 dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping berbasis daring mampu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa PGSD UNDANA di masa pandemi Covid-19 dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia.

Kata-kata Kunci: Mind mapping, hasil belajar kognitif, mahasiswa PGSD.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Cipta Media Aksara.

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Lukiati, B., & Purnomo, A. R. (2020). Mind mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), hal: 4–17. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I06.12657.

Buzan, T. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.

Buzan. T. (2004). Mind Map: Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Darmuki, A., Hariyadi, A., dan Hidayati, N. A. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO: Jurnal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI, 3(2), hal: 263-276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687.

DePorter, B. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

DePorter, B. (2001). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa..

Fatmawati, B. (2016). The analysis of students’ creative thinking ability using mind map in biotechnology course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), hal: 216–221. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5825.

Ferwati, W. (2019). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Entomologi. Jurnal Pendidikan, Sains Agama dan Teknologi, 1(2), hal: 1-6. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/pena/article/view/91.

Hatchi, I. dan Sari, L. P. (2018). Penerapan Metode Mind Mapping Mata Kuliah Pengantar Pendidikan untuk Mahasiswa Semester I. Education Journal and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(2), hal: 16-22. https://doi.org/10.37081/ed.v3i2.208.

Komar, N. dan Supriyono. (2010), Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika. Hal: 57-61. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/download/3157/2970.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Columbus, Ohio, Amerika Serikat: Ohio State University.

Liu, Y., Zhao, G., Ma, G., & Bo, Y. (2014). The Effect of Mind Mapping on Teaching and Learning: Stand J.Edu.Res.Essay, 2(April), hal: 17–31. Diambil dari: https://scholar.google.com/scholar?start=30&q=mind+mapping+journal&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3D4LWq7lg8xmsJ.

Misidawati, D. N. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Manajemen Pemasaran di IAIN Pekalongan. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), hal: 263-270. http://stkippgribl.ac.id/jurnal/index.php/lentera/article/view/648

Monariska, E. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal PRISMA Universitas Suryakencana, (Online) 6(1), hal: 17-31. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.25.

Sabil, H. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Mind Mapping pada Materi Lingkaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Jurnal Edumatica, 4(2), hal: 31-38. https://www.neliti.com/publications/221049/meningkatkan-prestasi-belajar-melalui-model-mind-mapping-pada-materi-lingkaran-m.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, L., Fandyansari, M. W., dan Sandiansyah, P. (2020). Mind Mapping dalam Perkuliahan Pengantar Pendidikan. Economic and Education Journal, 2(1), hal: 49-60. Diambil dari: https://doi.org/10.33503/ecoducation.v2i1.771.

Siregar, R. (2014). Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(75), hal: 84-88. Diambil dari: https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i75.4816.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tee, T. K., Azman, M. N. A., Mohamed, S., Mohamad, M. M., Yunos, J., Yee, M. H., & Othman, W. (2014). Buzan Mind Mapping : An Efficient Technique for. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 8(1), hal: 28–31. Diambil dari: https://doi.org/10.5281/zenodo.1336202.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Widiyasari, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Mind Map Berbantuan E-Learning Melalui Edmodo. Jurnal Teknodik, 21(1), hal: 27-43. Diambil dari: http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.270.

Zein, A. (2015). Penggunaan Mind Map dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum di FMIPA Universitas Negeri Padang. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak, hal: 482-491. Diambil dari: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/semirata2015/article/view/13777.

Zuhaerini, dkk. (1977). Metode Khusus Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Usaha Nasional.

Zulyani, R. (2014). Hubungan Antara Hasil Pembuatan Mind Mapping Mahasiswa dengan Hasil Belajar pada Materi Kromatografi Kertas. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(1), hal: 32-41. Diambil dari: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v15i1.556.




DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics