Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Melalui Model Example Non Example Kelas IV SDN Telukan 03 Sukoharjo Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Tutik Marwiki

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1245

Abstract

Melihat kondisi di SDN Telukan 03 Sukoharjo, terutama pada siswa kelas IV mata pelajaran IPA Peduli terhadap makhluk hidup kondisi diawal guru menggunakan metode mengajar klasikal dengan ceramah dan guru sebagai fokus pembelajarannya. hasilnya, dalam tes evaluasi ternyata sebanyak 42% dari 5 siswa atau 12 siswa masih mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu 70. sedangkan rata-rata kelas yaitu 67. nilai tertinggi yang diraih siswa baru 80 dengan 40 sebagai nilai terendah, dan masih jauh dari kriteria kentuntasan yang ditetapkan guru diawal pembelajaran. Penelitian dilakukan di SDN Telukan 03 Sukoharjo Waktu penelitian selama 5 bulan yaitu dari Agustus 2019  sampai dengan Desember 2019. Data penelitian diperoleh dari ulangan harian siswa dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2. Data hasil observasi berupa pengamatan baik pengamatan pada siswa maupun guru dalam penggunakan model example non example mata pelajaran IPA Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Sumber data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder, pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung, tes dan dokumen. Hasil penelitian diketahui bahwa “Model pembelajaran example non example terbukti meningkatkan hasil belajar IPA Materi Peduli terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDN Telukan 03 Sukoharjo Semester 1  Tahun Pelajaran 2019/2020”. Persentase tuntas belajar klasikal pada kondisi awal 52%,  menjadi 100% terjadi peningkatan siklus 2 sebesar 48%.

References

Agus suprijono. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Djojosoediro, Wasih. (2008). Pengembangan dan Pembelajaran IPA SD. Bandung: Refika Aditama.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadi Pranoto. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI B Semester 1 SD Negeri Turitempel Tahun Pelajaran 2016/2017. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar. UPGRIS, Volume 7(1), hal: 43-51. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1765

Kiranawati.(2007). Model Example Non-Example. Jakarta: BumiAksara.

Komalasari, Kokom. (2010). “Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi”. Bandung: Refika Aditama.

Kusumah, (2008).Model Pembelajaran Kooperatif Sekolah Dasar. Jogjakarta: DIVA Press.

Muslichah. (2006). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam. Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran innovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Putaka.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Marwiki, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Melalui Model Example Non Example Kelas IV SDN Telukan 03 Sukoharjo Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(1), 113–122. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1245

Issue

Section

Artikel