Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Model Team Assisted Individualization SD Negeri Bendosari 03 Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Resmiyati Resmiyati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Dari  8 siswa kelas IV hanya  4 orang yang tuntas dalam mengerjakan tes pada kondisi awal dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50, dengan rata rata nilai 66. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan prestasi belajar IPS pada materi aktivitas ekonomi  siswa Kelas IV SD Negeri Bendosari 03, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Pelaksanaan dilaksanakan melalui tahapan dua siklus, Pelaksanaan Tindakan Kelas ini dilakukan di SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo pada siswa kelas IV semester 2. Waktu penelitian selama 5 bulan yaitu dari Januari 2019  sampai dengan Mei 2019. Kegiatan tersebut dibagi dalam  tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian berupa hasil tes siswa kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui model Team Assisted Individualization, prestasi belajar IPS Materi Aktivitas  Ekonomi Siswa Kelas IV SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Semester 2, Tahun Pelajaran 2018/2019, terbukti dapat meningkatkan”  .

Kata-kata Kunci: Team Assisted Individualization, pembelajaran, IPS


Full Text:

PDF

References


Aat Haryati. (2017). Penggunaan Model Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,volume 4(1), hal: 47-60. https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/15

Aliffah Fajarwati. (2017). Implementasi Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) untukMeningkatkan Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan pecahan pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Indonesia, volume 5(3), hal: 1-5.

Asmara. (2009). Prestasi Belajar. Bandung: PT Rosdakarya.

Dimyati & Mudjiono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dina Qonita. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Bilangan Bulat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, volume 4(2), hal: 189-194.

Harjati. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hetika. (2008). Pembelajaran Menurut Aliran Kognitif Edisi 2008. Jakarta: Rineka Cipta.

Iin Khairunnisa & Sugiharsono. (2015). Keefektifan model pembelajaran kooperatif metode Problem Solving dan tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, volume 2(1), Maret 2015, hal: 12-20.

I Dewa Ayu Putu Suryati. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Penatih. J.Vidya Wertta Universitas Hindu Indonesia, volume 2(2), hal: 192-202. https://doi.org/10.32795/vw.v2i2.399.

I Gusti Agung Inten Prabaningrum dan I Ketut Adnyana Putra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, volume 3(4), hal: 405-413.

I Gusti Ayu Kencana. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TAI Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus VIII Sukawati. Jurnal Mimbar PGSD UNDIIKSHA,volume 2(1), hal: 1-10.

Maman Achdiyat & Fitriya Andriyani. (2016). Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA UNINDRA,volume 6(3), hal: 246-255.

Ni Luh Sutiari. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Matapelajaran Tata Graha. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran UNDIKHSA, volume 3(1), hal: 32-40.http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107.

Slameto. (2003).’Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya.’ Jakarta:Rineka Cipta.

SlavinRobert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.

Sugiyono. (2010).’Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:’ Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics