Differentiated Learning in Constructivism Theory on The Entrepreneurship Projects

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3353

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan teori konstruktivisme yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek di SMAN 1 Banyudono. Jenis penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi serta wawancara. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran kelas X2 dan siswa kelas X2 sebanyak 36 siswa.  Hasil dari penelitian ini, siswa dapat mengkonstruksikan pemahamannya melalui pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek kewirausahaan. Metode pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan diri dengan menghasilkan sebuah produk berupa makanan maupun kerajinan. Siswa berperan sebagai subjek utama didalam pengembangan kurikulum, sedangkan guru sebagai fasilitator yang demokratis. Konsep “belajar dengan melakukan”, kemudian berkembang menjadi salah satu jenis pembelajaran yaitu “pembelajaran berbasis penyelesaian masalah”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek di SMAN 1 Banyudono, membina pemahaman pengetahuan siswa secara mandiri dari pengalaman pembelajaran proyek yang mereka kerjakan.

Author Biography

Iswahyudi S.Sos, Universitas Muhammadiyah Surakarta

education

References

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 2).

Devi Kurnia Fitra. 2022.Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 No 3.

Moleong, Lexy. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Piaget, J. (1971). The Theory of Stages in Cognitive Development. In D. Green, M. P. Ford, & G. B. Flamer (Eds.), Measurement and Piaget (pp. 1-11). New York, NY: McGraw-Hill.

Rapar, Hendrik, 1996. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Suharsimi, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79– 88.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.

Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.

Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

S.Sos, I. (2023). Differentiated Learning in Constructivism Theory on The Entrepreneurship Projects. Jurnal Pendidikan, 32(1), 63–74. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3353

Issue

Section

Artikel