Strategi Pengembangan Motivasi Belajar dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di SDN BLOK I Cilegon

Authors

  • Reksa Adya Pribadi
  • Hanifah Aulia Balqis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Nur Halisa

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan motivasi belajar dalam pengembangan Kurikulum Merdeka di SDN Blok I Cilegon. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV A SDN Blok I Cilegon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan motivasi belajar dalam pengembangan Kurikulum Merdeka, di antaranya: 1) Menyesuaikan cara belajar anak, 2) Memanfaatkan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 3) Melakukan pendekatan kepada peserta didik, dan 4) Pengoptimalan active learning. Motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Maka dari itu, guru sudah seharusnya dapat menerapkan strategi untuk memotivasi belajar mereka.

 

Kata-kata Kunci:  Motivasi Belajar; Kurikulum Merdeka; Strategi Guru

References

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 485–501.

Chandra, M. A., & Fernandes, R. (2023). Strategi Guru SMA Negeri 7 Padang dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Setelah Masa Pembelajaran Daring. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy. ISSN: 2827-864X, 2(1), 34–43.

Fatimah, A., & Mulyono, R. (2023). Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (Husermas) dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. ISSN: 2614-722X, 9(1), 1–23.

Handayani, R., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. Journal on Education. ISSN: 2654-5497, 6(11), 518–525.

Hartatik, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Melalui in House Training (IHT) di SDN Tlekung 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH). ISSN: 2829-3681, 1(4), 318–339.

Hidayat, S., Apriliya, S., & Fauziyaturrosyidah, A. (2021). Metode Gamification Sebagai Solusi Fenomena Learning Loss dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: A Literatur Review. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education). ISSN: 2614-4093, 4(5),741–753. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/8815

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. ISSN: 2580-0469, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai. ISSN: 2830-0238, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Marwa, M., Munirah, M., Angriani, A. D., Suharti, S., Sriyanti, A., & Rosdiana, R. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. ISSN: 2621-0282, 7(2), 215. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020

Muzammil, F., & Syafrida, R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Guru Pengganti di Rumah Pada Saat Anak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Covid-19 Ferdy Muzzamil. MADANIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 49(1), 1–9. http://journal.stkipyasika.ac.id/index.php/madania/index

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. ISSN: 2598-4845, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Putri, V. W., & Gazali, F. (2021). Studi Literatur Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia. Journal of Multidisciplinary Research and Development. ISSN: : 2655-0865, 3(2), 1–6.

Rahmatika, D., Setiawati, M., Mahaputra Muhammad Yamin, U., & Sudirman No, J. (2022). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. ISSN: 2809-7998, 1(4), 115–121. http://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp/article/view/333

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An. ISSN: 2502-4264, 21(1), 1–9.

Rosmana, P. S., Apriliani, D., Husna, M., & Zahra, V. N. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Mengatasi Learning Loss yang Terjadi di Indonesia. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research Volume. ISSN: 2807-4238, 3(2), 3558–3568.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (I). CV Nata Karya. ISBN: 978-602-5774-41-6, 53(9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 6(4), 176–186.

Wahyuni, S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. ISSN: 2685-936X, 4(6), 1349–1358.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Pribadi, R. A., Balqis, H. A., & Halisa, S. N. (2023). Strategi Pengembangan Motivasi Belajar dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di SDN BLOK I Cilegon. Jurnal Pendidikan, 32(2), 243–250. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3939

Issue

Section

Artikel