Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD

Authors

  • Febriyantini Febriyantini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Singkawang
  • Erdi Guna Utama Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Singkawang
  • Dewi Mariana Bimbingan Konseling, STKIP Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4332

Keywords:

media pembelajaran, scrapbook, etnosains, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran scrapbook berbasis etnosains pada pembelajaran IPA materi karantina kalor kelas V SD; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook berbasis etnosains pada pembelajaran IPA materi pembekuan kalor kelas V SD; (3) mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap media pembelajaran scrapbook berbasis etnosains pada pembelajaran IPA materi isolasi kalor kelas V SD. Metode penelitian ini adalah penelitian Reseach&Developmentdengan menggunakan model ADDIE dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket. Hasil penelitian dan pengembangan: (1) Proses penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menerapkan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE. Tahapan terdiri dari: Analisis, Desain, Pengembangan, dan Implementasi. Tahap analisis mencakup studi lapangan dan studi literatur. Tahap design mencakup pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap pengembangan mencakup proses pembuatan produk media pembelajaran scrapbookberbasis etnosains, kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan validasi oleh ahli media, serta revisi media pembelajaran dari ahli materi dan ahli media. Tahap implementasi dilaksanakan dengan dua siklus yakni uji coba produk kelompok kecil yang melibatkan 6 siswa dan uji coba produk kelompok besar yang melibatkan 36 siswa, (2) hasil penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran memperoleh 86,46% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media pada aspek tampilan diperoleh proporsi 82,86% dengan kategori sangat layak (3) hasil respon guru diperoleh 91,19% termasuk pada kategori sangat baik dan uji coba pada siswa diperoleh proporsi sebesar 88,91% termasuk pada kategori sangat baik . Maka, media pembelajaran scrapbookberbasis etnosains layak dimanfaatkan dan digunakan menjadi media pembelajaran untuk kelas V SD

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.

Hardiana, I. (2015). Mahar Scrapbook. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Harefa, A. R. (2017). Pembelajaran Fisika Di Sekolah Melalui Pengembangan Etnosains. Jurnal Warta Edisi. 53, 1–18.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Julianto, S. (2011). Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa Unipress.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18.

Pasaribu, Ichsani, W., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas IV SD. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 81–95.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unness Science Education Journal, 4(2), 920–926.

Rahmawati, F., & Atmojo, R. I. W. (2021). Etnosains Pasar Terapung Kalimantan Selatan Dalam Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6280–6287.

Rusyan A. Tabrani. (1993). Proses Belajar - Mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Bandung: Bina Budaya.

Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas. Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.

Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal.. Semarang: CV. Swadaya.

Sudjana, & Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winingsih, S. T. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Pembelajaran Ipa Materi Daur Hidup Hewan Di Kelas Iv Sd Negeri 16 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Zaenah, S., Darma, Y., & Hodiyanto. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Materi Bilangan Bulat. Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi, 1(1), 7–14.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Febriyantini, F., Guna Utama, E., & Mariana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 32(3), 411–420. https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4332

Issue

Section

Artikel