Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example Melalui Supervisi Akademik Bagi Guru Kelas di SD Negeri 02 Kedungjeruk Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • . Hartono Kepala SD Negeri 02 Kedungjeruk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan  kompetensi  menyusun  RPP  Cooperative Learning model  Example Non Example  melalui supervisi akademik bagi guru kelas  di SD Negeri 02 Kedungjeruk semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan diawali bulan Juli 2019 sampai dengan bulan November 2019. Tempat penelitian di SD Negeri 02 Kedungjeruk, Dinas Pendidikan dan KebudayaanKecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Subjek penelitian adalah  guru kelas 1,2, 3, 4, 5, dan 6 dengan jumlah 6 orang guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Tindakan yang dilakukan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi/pengamatan. Alat pengumpulan data berupa hasil supervisi RPP  Cooperative Learning model  Example Non Example Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan siklus I, dan siklus II dilanjutkan refleksi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik mampu  membantu kepala sekolah meningkatkan motivasi dan kompetensi menyusun RPP  Cooperative Learning model  Example Non Example, bagi guru kelas di SD Negeri 02 Kedungjeruk semester 1 tahun pelajaran  2019/2020.

References

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.

_______ . (2009). Bahan Belajar Mandiri Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah Dimensi

Kompetensi Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Materi Pokok SD.

Jakarta:Kementerian P dan K.

Glickman, C.D., dkk. (2007). Supervision and Instructional Leadership A development

Approach. Seventh Edition. Boston: Perason.

Mulyasa. H. E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.¬

________. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.¬¬

Muslich. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetisi dan Kontekstual. Bandung: PT

Rosda Karya.

Purwanto, Ngalim. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sardiman, A. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali Pers.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Hartono, . (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example Melalui Supervisi Akademik Bagi Guru Kelas di SD Negeri 02 Kedungjeruk Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 28(3), 239–246. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.484

Issue

Section

Artikel