Pengaruh Literasi Digital dan Soft Skill Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Kota Bekasi

Authors

  • Maria Cleopatra Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Sara Sahrazad Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Dellia Mila Vernia Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Sigit Widiyarto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4857

Keywords:

Digital literacy, interest in reading, interest in entrepreneurship

Abstract

Literasi digital merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang dibarengi oleh literasi digital akan menjadi modal penting bagi siswa SMK. Soft Skill juga factor penting dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran kewirausahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan Soft Skill terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Data diambil dengan wawancara, dokumentasi dan pengisian kuesioner. Responden sebanyak 51 siswa kelas X SMK di kota Bekasi. Data diolah dengan menggunakan SPSS 21. Uji asumsi dengan melakukan uji normalitas,kollinearitas, Heteroskedastisitas, Anova dan table Rsquare dengan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh terhadap minat berwirausaha dan Soft Skill berpengaruh pada minat berwirausaha. Pihak sekolah sebaiknya dapat memberikan pengetahuan digital kepada siswa secara optimal, sehingga siswa dapat beradaptasi dengan pekerjaan yang menggunakan teknologi.

 

References

Apidana, Y. H. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Internal Locus of Control dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 4(5), 666-682. DOI:

https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i5.176

Aliase, R. R. (2018). Studi Kualitas Pelayanan (Service Quality) Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 15 Palu (Doctoral dissertation, IAIN Palu). http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/447/

Cleopatra, M., Sahrazad, S., Widiyarto, S., Widiarto, T., & Harie, S. (2022). Literasi Digital untuk Pengurus OSIS SMPN 23 Kota Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 739-744. DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.319

Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198-1215. DOI https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35715

Lubis, D. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2019 Universitas Negeri Medan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan). https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1038

Lettalei Lani, L. L. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Digital Dan Pemanfaatan E-Money Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. digilib.unila.ac.id

Nurul, A., Erlina Rufaidah, E. R., & Nurdin, N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Soft Skills, Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Edukasi Ekobis, 2(6), 1-12. http://digilib.unila.ac.id/71826/

Rizka, A., Yulianto, E., & Hidayat, T. (2021). The impact of digital entrepreneurship on the economy. n IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1097, No. 1, p. 012050). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1 088/1757-899X/1097/1/012050

Saputri, N. L., Widiyarto, S., Nugroho, N., & Hadi, I. (2022). Penyuluhan Digital Untuk SMP YWKA 2. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 96-102. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3551

Suprapto, H. A., Vernia, D. M., Alifah, S., Widiyarto, S., Pamungkas, A. D., & Fahrudin, A. (2022). Penyuluhan Dan Penguatan Kewirausahaan Bagi Siswa Smk Al Farabi Bogor. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2237-2241. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.14678

Susanti, T., Kurniawati, A. R., & Fatichah, A. M. P. Kuesioner Penelitian Pengaruh Literasi Digital Dan Digital Influencer Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Syekh Nurjati Cirebon. digilib.unila.ac.id

Supandi, A., Esra, M. A., Nurlela, N., Bakar, A., Sinambela, T. R., Widiyarto, S., & Purnomo, B. (2023). Bagaimana Anak Mempelajari Kemampuan Kewirausahaan Sejak Dini?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4267-4275. DOI: 10.31004/obsesi.v7i4.4557

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Ulfah, R., Alrasyid, H., & Hidayati, I. (2023). Pengaruh Literasi Ekonomi, Literasi Digital Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pada Program AWMM Universitas Brawijaya. El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal, 3(2) https://jim.unisma.ac.id/index.php/laswq/article/view/20617

Irawan, Y., Aryani, D. F., & Fikawati, S. (2020). Determinant factors of student entrepreneurial interest in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 23(4), 1-12. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v11i1.1338

Widiyarto, S., Hadi, I., Alifah, S., Saputri, N. L., Hamonangan, R. H., Damayanti, N., ... & Zeinora, Z. (2023). Peran Minat Baca dan Praktek Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Siswa SMK di Kabupaten Bogor Jawa-Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 823-829. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.810561

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Cleopatra, M., Sahrazad, S., Mila Vernia, D., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Soft Skill Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Kota Bekasi . Jurnal Pendidikan, 33(1), 463–468. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4857

Issue

Section

Artikel