Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)

Authors

  • . Surono Guru SMP Negeri 1 Bendosari Kabupaten Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.486

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Auditory Intellectually  Repetition (AIR) pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosari semester I tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII HSMP Negeri 1 Bendosari semester I tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ? 85%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas VII H semester I SMP Negeri 1 Bendosari tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai matematika siswa dari 71,2 meningkat menjadi 80,2? 80,00 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 62,5% meningkat menjadi 93,75% ? 85%.

References

Anita Lie. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:

Rineka Cipta.

Effandi Zakaria, Lu Chung Chin, and Md. Yusoff Daud. (2010). The effects of cooperative

Learning on Students Mathematics achievement and Attitude towards Mathematics . Journal of Social Scince. Vol.6 No. 2: 272-275.

Hamzah B. Uno dan Masri Kuadrat, (2009). MengelolaKecerdasan dalam Pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: CV

Alfabeta.

Miftahul A’la. (2010). Quantum Teaching. Jogjakarta: Diva Press

Nana Syaodih Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ae - Ruzz Media.

Slavin, Robert E.. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa

Pedi

Syaiful Bahri Djamarah. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha

Nasional.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Surono, . (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Jurnal Pendidikan, 28(3), 255–264. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.486

Issue

Section

Artikel