Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia

Authors

  • MH Sri Rahayu Dosen PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.490

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi membangun karakter generasi muda yang beretika Pancasila dalam kebhinnekaan dalam perspektif keutuhan Negara Kesatuan RepublikIndonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah remaja dan orang tua di desa Calen Kecamatan Jombor Kabupaten Sukoharjo, dan objeknya adalah karakter beretika pancasila, kebhinnekaan, dan NKRI. Metode pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, validitas data dilakukan dengan cara trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif terdiri dari 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengamatan dilapangan yang dilakukan pada tanggal 10-20 Nopember 2019 ditemukan hal-hal sebagai berikut: masih banyaknya sikap, perilaku remaja yang kurang mencerminkan nilai karakter pancasila, kurangnya sikap yang menjunjung nilai karakter persatuan dan kesatuan sehingga mengancam kebhinnekaan. Hasil wawancara terhadap remaja dan orang tua yang dilakukan pada tanggal 21-25 Nopember 2019 diperoleh informasi: remaja kurang memahami makna nilai karakter beretika pancasila, orang tua kurang mendidik nilai karakter beretika pancasila secara maksimal, orang tua merasa kesulitan dalam memberikan penjelasan tentang nilai karakter beretika pancasila pada anak remajanya, orang tua merasa kurang mampu untuk memberikan contoh konkrit sikap perilaku yang mencerminkan nilai karakter yang beretika pancasila. Simpulannya berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dapat disimpulkan bahwa nilai karakter yang beretika pancasila dalam kebhinnekaan dalam persepektif NKRI bagi remaja di desa Calen Kecamatan Jombor Kabupaten Sukoharjo kurang maksimal, 

References

Aqib, Zainal; Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Darmodihardjo, Dardji. dkk. (1991). Santiaji Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Erwin, Muhammad. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Elly, (2006). Perilaku Konsumtif Masyarakat Desa Di Lingkungan Industri. Malang. Universitas Muhammadiyah Malang, Skripsi, Tidak Diterbitkan

Faisal, Sanapiah. (1990). Penelitian Kualitatif : Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang. YA3

Galih Manunggal Putra. (2018). makalah tidak dipublikasikan, Pancasila sebagai karakter dan jati diri bangsa

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosim, H.E. (2000). Pancasila: Pandangan Hidup Bangsa dan Dasar Negara Republik Indonesia. Bandung: Sekolah Tinggi Bahasa Asing YAPARI-ABA.

Kusnardi, Moh. & Bintan R. Saragih. (2008). Ilmu Negara. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Kesuma, Dharma; Cepi, Triatna; Johar, Permana. (2011). Pendidikan Karakte Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kristi Poerwandari, (2005). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia.Fakultas Psikologi UI. Jakarta

Latif, Yudi. (2012). Negara Paripurna; Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Miles, Matthew B dan huberman, A Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press

Moleong, j. Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Rohidi, (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI. Press.

Samani, Muchlas; Hariyanto. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soegito AT dkk. (2013). Pendidikan Pancasila. Semarang:Pusat Pengembangan MKU/MKDK Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Rahayu, M. S. (2020). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289–304. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.490

Issue

Section

Artikel