Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Penerapan Melaksanakan Pembelajaran Sesuai dengan RPP Melalui Supervisi Klinis Bagi Guru Kelas di SD Negeri Jombor 02 Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • . Sumarni Kepala Sekolah SD Negeri Jombor 02

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.491

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan guru kelas melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP melalui supervisi klinis di SD Negeri Jombor 02 semester I tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan diawali bulan Juli 2016 sampai dengan bulan November 2016. Tempat penelitian di SD Negeri Jombor 02 UPTD Pendidikan Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Subjek penelitian adalah guru kelas di SD Negeri Jombor 02 yang terdiri: guru kelas1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6, dengan jumlah 6 orang guru yang terdiri dari 1 orang laki-laki dan 5 orang guru perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Tindakan yang dilakukan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi/ pengamatan. Alat pengumpulan data berupa hasil supervisi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan siklus I, dan siklus II dilanjutkan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Supervisi Klinis dapat membantu kepala sekolah meningkatkan kreativitas dan kemampuan guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, bagi gurukelas di SD Negeri Jombor 02 semester I tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terlihat dari hasil penelitian dan pembahasan kondisi awal sampai siklus II. Nilai kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan dalam aspek yang diamati yaitu aspek inovasi dari kategori baik menjadi sangat baik, aspek kreatifdari kategori kreatif menjadi sangat kreatif, aspek keaktifan dari kategori aktif menjadi sangat aktif, dan aspek kerjasama dari kategori baik menjadi sangat baik.Hasil penilaian kemampuan guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP bagi guru kelasdi SD Negeri Jombor 02 semester I tahun pelajaran 2016/2017 dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kemampuan guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP pada kondisi awal 73,83 pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 88,33 berarti terjadi peningkatan sebesar 14,50.

References

Ali, Muhammad. (2006). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Aqip dan Rahmanto. (2009). Penuntun dalam Proses Pembelajaran. Semarang: Aneka Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.

Bafadal, Ibrahim. (2004). Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdikbud. (2008). Model-model Pembelajaran yang Efektif. Semarang: Balai Pustaka.

Hartoyo. (2006). Supervisi Pendidikan. Semarang: Pelita Insani.

Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mantja, W. (2007). Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang:Wineka Media.

Mulyasa, E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

¬Munandar, Utami. (2002). Pengembangan Kreaetivitas Anak Berbakat. Jakarta: Pusat Pembukuan Depdiknas.

Purwanto, Ngalim. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, S.P. (2001). Organizational Behaviour. Nen York: Prentice Hall.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Sumarni, . (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Penerapan Melaksanakan Pembelajaran Sesuai dengan RPP Melalui Supervisi Klinis Bagi Guru Kelas di SD Negeri Jombor 02 Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, 28(3), 305–314. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.491

Issue

Section

Artikel