Penguatan Nilai Karakter Kepedulian Melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Authors

  • Yuliani SW Dosen Pendidikan Sejarah, FKIP, Univet Bantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter kepedulian melalui kegiatan kerja bakti bagi siswa Kelas V dan VI SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan Guru Kelas V dan VI SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Valditas data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan vrifikasi data. Hasil penelitian, berdasarkan hasil pengamatan dilapangan ditemukan adanya hal-hal sebagai berikut:  kerja sama siswa kelas V dan VI dirasakan sangat kurang hal ini dibuktikan dengan  kurang adanya kerja sama dalam membersihkan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, kebersihan kamar mandi serta kebersihan-kebersihan yang lainnya, kepedulian siswa kelas V dan VI juga kurang hal ini dibuktikan dengan kurang pedulinya adanya siswa yang sakit, membiarkan temannya mengatur meja dan kursi sendiri, membiarkan papan tulis kotor, membiarkan krans air PAM mengalir, membiarkan lampu kelas menyala pada pagi hingga siang hari, membiarkan kapur berserakan di lantai. Hasil wawancara dengan siswa dan guru kelas V dan VI diperoleh informasi  kurangnya rasa kepedulian siswa karena faktor lingkungan pergaulan, lingkungan keluarga, kurangnya keteladanan dari guru. Simpulannya bahwa  nilai karakter kepedulian siswa kelas V dan VI SD negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dirasakan lemah karena itu perlu diberikan penguatan. Salah satu penguatannya dapat dilakukan dengan kegiatan kerja bakti di sekolah yang dilakukan setiap hari jumat dari jam 07.00-09.00, sehingga setiap hari jumat dinamakan hari jumat bersih.

References

Akhmal. (2028). Makalah (tidak dipublikasikan) Mendidikan nilai kepedulian melalui kegiatan kerja bakti bagi masyarakat Desa

Bahtiar. (2017). makalah (Tidak dipublikasikan) menyandingkan antara kerja bakti dengan gotong royong suatu kajian sosiologis

Ishaq, Ibnu. (213). Sirah Nabawiyah. Jakarta: Akbar Media.

Juwariyah. (2008). Pendidikan Moral Dalam Puisi Imam Syafi’I dan Ahmad Syauqi. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Jujuk R, (2018). Kerja bakti antara harapan dan kenyataan di era global, Seminar nasional

Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung: Nusa Media.

Majid, Abdul.. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Rohmat. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Musaheri. (2005). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muslich, Mansur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Naim, Ngainun (2012). Character Building. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Narwati, Sri. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Penyusun, Tim. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa DEPDIKNAS.

Poerwadarminta,WJS. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Qardhawi, Yusuf. (2013). Shadaqah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (1994). Ilmu Pendidikan Islam. Sumatera: Kalam Mulia.

Shaleh, Muwafik. (2012). Membangun Karakter dengan Hati Nurani. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

SW, Y. (2020). Penguatan Nilai Karakter Kepedulian Melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 28(3), 329–338. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.493

Issue

Section

Artikel