Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019

Authors

  • Suprapti Hariyani Guru IPA SMP Negeri 1 Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.494

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa dalam kelas ini adalah 28 yang terdiri atas 4 laki-laki dan 24 perempuan. Siswa diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan metode Eksperimen dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Proses pembelajaran pada siklus I dilakukan di dalam kelompok besar, sedangkan proses pembelajaran pada siklus II dilakukan di dalam kelompok kecil. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data melalui observasi dan studi dokumentasi. Untuk validasi data, observasi tidak dilakukan sendiri oleh peneliti, tetapi berkolaborasi dengan siswa dan teman sejawat, serta dengan menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi. Pada kondisi awal aktivitas belajar siswa rendah, hasil prestasi belajar, jumlah siswa tuntas 14 anak 50%, belum tuntas 14 anak 50%, nilai tertinggi 93, nilai terendah 50 nilai rata-rata 76,89. Simpulannya aktivitas belajar rendah dan hasil belajar siswa siswa kelas VIII G belum maksimal, untuk itu dicarikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran dicovery learning dengan metode eksperimen, sehingga pada siklus I hasil prestasi belajar, jumlah siswa tuntas 26 anak 93%, belum tuntas 3 anak 7%, nilai tertinggi 95, nilai terendah 68 nilai rata-rata 83,18.Pada siklus II hasil prestasi belajar, jumlah siswa tuntas 28 anak 100%, belum tuntas 0 anak 0%, nilai tertinggi 98, nilai terendah 80 nilai rata-rata 88,57. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2018/2019.

References

Amalia Sapriati. (2009). Pembelajaran IPA di SMP. Jakarta: Universitas Terbuka.

Alma, Buchari, dkk. (2010). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azhar, Lalu. (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional.

Amat Jaedun. (2008). Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008.

Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.

Bell-Gredler Udin S. Winata Putra, (1978). Belajar Adalah Proses Yang Dilakukan Oleh Manusia . UNS. Surakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. (2002). Teori Motivasi, Edisi 2 (ed-2), Jakarta: PT Bumi Akasara

Koesoema, Doni (2010).Pendidikan Karakter, Edisi Revisi.Jakarta:Grasindo

Edi Prajitno. (2008). Metode Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY.

Hanafiah Nanang dan Cucu Suhada. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 58 tahun 2014 tentang Kurkulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2015). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta:Kemeterian dan Kebudayaan republik Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2015). Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta:Kemeterian dan Kebudayaan republik Indonesia

Moedjiono, Dimyati. (1993). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Moleong, L.J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rochiati Wiriatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya

Roestiyah N.K. (2008).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sani,Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta:Bumi aksara.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Suwangsih, E. & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Syah Muhibin. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Winataputra ,Udin S, (2008).Teori Belajar Minat dan Pembelajaran ,Jakarta: UT

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Hariyani, S. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 339–352. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.494

Issue

Section

Artikel