Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Dan Kesenian Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2016/ 2017

Authors

  • . Suyoto

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.604

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar SBK melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division pada siswa kelas VIII B Semester IISMP Negeri 3 Weru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Mei 2017 di SMP Negeri 3 Weru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebanyak 22 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan data  menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, nilai SBK rata-rata prestasi belajar SBK siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 67,3, pada siklus I sebesar 73,1 dan pada siklus II sebesar 81,3. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 40,9%, siklus I sebesar 63,6% dan siklus II sebesar 90,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif tipe STAD  dapat meningkatkan prestasi belajar SBK pada siswa kelas VIII B Semester II SMP Negeri 3 Weru tahun pelajaran 2016/2017”.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Abiet. (2011). Teori Belajar Gagne (on line) http://www.masbietd.com

Fathurohman dan Sobry Sutikno (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama Ginting.

Hamdani. (2008). Panduan Membuat Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Tim Editor.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Jaya Setia.

Supriyono Agus. (2013). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta : Pustaka Jaya.

Slavin. (2009).Cooperatif Learning Teori Riset dan Paktek. Yogjakara: Pustaka Jaya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Yakarta: PT Gramedia.

Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Suyoto, . (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Dan Kesenian Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Pendidikan, 29(1), 85–92. https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.604

Issue

Section

Artikel