MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Authors

  • farah nayla maulidiyah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan pengaruh penerapan media pembelajaran multimedia interaktif sebagai bahan ajar siswa tunagrahita ringan.. Paper ini merupakan hasil telaah dari artikel-artikel sebelumnya yang terkait dengan anak tunagrahita ringan,. Paper ini ditulis untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan media multimedia interaktif terhadap kemampuan motorik, berbentuk video dan adobe flash terdahap motivasi belajar siswa tunagrahita ringan 

Author Biography

farah nayla maulidiyah, Universitas Negeri Malang

Fakultas Ilmu Pendiidikan

Universitas Negeri Malang

References

Azaria, Cut Nabila, and Ruqiah Ganda Putri Panjaitan. n.d. “Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Sub Materi Gangguan Kesehatan Reproduksi.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(4).

Basuni, Muhamad. 2012. “Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan.” JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 9(1).

Efendi, M. 2006. “Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.” JKP 1:4.

Fitri, Eka. 2017. “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Kasus: SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas).”

Horner, Robert H., Edward G. Carr, James Halle, Gail McGee, Samuel Odom, and Mark Wolery. 2005. “The Use of Single-Subject Research to Identify Evidence-Based Practice in Special Education.” Exceptional Children 71(2):165–79.

Husein, Sadam, Lovy Herayanti, and Gunawan Gunawan. 2017. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 1(3):221–25.

Jauhari, Jaidan. 2009. “Studi Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran MIPA Di Indonesia.” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. UNY Yogyakarta, tanggal. Vol. 16.

Mulyono, Dwi Budi. n.d. “MODEL BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG IDEAL DAN INOVATIF.” EDUKASI KULTURA: JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA 1(1).

Nurtantio, P & Syarif, M. .. 2013. “Kreasikan Animasimu Dengan Adobe Flash.”

Pebody, R. G., M. A. Chand, H. L. Thomas, H. K. Green, N. L. Boddington, C. Carvalho, C. S. Brown, S. R. Anderson, C. Rooney, and E. Crawley-Boevey. 2012. “The United Kingdom Public Health Response to an Imported Laboratory Confirmed Case of a Novel Coronavirus in September 2012.” Eurosurveillance 17(40):20292.

Praheto, Biya Ebi, Andayani Andayani, Muhammad Rohmadi, and Nugraheni Eko Wardani. 2017. “Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di PGSD.” in Proceedings Education and Language International Conference. Vol. 1.

Purwaningrum, Siska Putri. 2017. “Implementasi Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD N 2 Kemiri Sumpiuh Banyumas.”

Putri, Nadya. 2012. “Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1(2):318–28.

Putriani, Gigih. 2017. “Peningkatan Upaya Pembelajaran Bina Diri Menggosok Gigi Melalui Media Video Animasi Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas Iv Sdlb Di Slb Negeri Pembina Yogyakarta.” WIDIA ORTODIDAKTIKA 6(2):208–19.

Ramawati, Dian, Allenidekania Allenidekania, and Besral Besral. 2012. “Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita Berdasarkan Faktor Eksternal Dan Internal Anak.” Jurnal Keperawatan Indonesia 15(2):89–96.

REJOKO, BIMO. n.d. “MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CIRI KHAS MAKHLUK HIDUP MANUSIA UNTUK KELAS 5 SDLB ANAK TUNA GRAHITA RINGAN.”

Resmanda, Rizqia Nabila. 2018. “PENGARUH MODIFIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI: Studi Eksperimen Single Subject Research Dengan Desain ABA Pada Anak Tunadaksa Di Kota Sukabumi.”

SATYA PURWANATA, LALU, and E. D. Y. RIANTO. 2019. “PENERAPAN MEDIA VIDEO BERBASIS IT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III.” Jurnal Pendidikan Khusus 12(3).

Setyaningrum, Anjar. 2011. “Pengaruh Multimedia Interaktif Tipe True or False Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita Kelas IV Di SLB ABCD YSD Polokarto Tahun Pelajaran 2010/2011.”

Soekanto, Soerjono, and Mustafa Abdullah. 1980. Sosiologi Hukum Dalam Masyarakat. Rajawali.

Widiansyah, Arindra Trisna. 2013. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPETENSI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA KEMALA BHAYANGKARI 1 TRENGGALEK.”

Yosiani, Novita. 2014. “Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di Sekolah Luar Biasa.” E-Journal Graduate Unpar 1(2):111–24.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

maulidiyah, farah nayla. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Issue

Section

Artikel