Efektifitas Model Discovery Learning terhadap Keaktifan siswa dalam melakukan Senam Ritmik Kelas VII

Authors

  • Muhammad Aldi Pratama Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Jeanne Betty Kurnia Jusuf Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i3.6968

Abstract

Revolusi industri 4.0 memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan seperti mengubah cara belajar dan pola pikir peserta didik. Namun, hal tersebut tidak didukung dengan pengajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan. Sebagian besar sekolah formal di Indonesia masih menggunakan gaya mengajar konvensional yang cenderung bersifat ceramah. Akibatnya, tenaga pendidik tidak dapat mencetak peserta didik yang memiliki keterampilan abad 21 sebagai bentuk mewujudkan pendidikan berkualitas di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan implementasi gaya mengajar teknologis serta menganalisis peran gaya mengajar teknologis dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah studi pustaka dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode content analysist dengan mencari literatur dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar teknologis dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mewujudkan pendidikan yang berkuliatas melalui pengembangan keterampilan abad 21 pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Alyanthi, Lisyana, Asrin Asrin, and Muhammad Turmuzi. 2021. “Survey Gaya Mengajar Teknologis Dalam Pembelajaran Matematika Di SD Gugus 1 Sekarbela Tahun Ajaran 2020/2021.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6 (3): 487–94. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.274.

Annisa, Nur. 2022. “Kompetensi Seorang Guru Dan Tantangan Pembelajaran Abad 21.” OSF. https://doi.org/10.31237/osf.io/a87uy.

Bety Nuril Laily, 17205163346. 2020. “Pengaruh Gaya Mengajar Klasik Dan Gaya Mengajar Teknologis Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas 4 Di Min 11 Blitar.” Skripsi. IAIN Tulungagung. August 24, 2020. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Muhammad Aldi Pratama, & Kurnia Jusuf, J. B. (2025). Efektifitas Model Discovery Learning terhadap Keaktifan siswa dalam melakukan Senam Ritmik Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 34(3), 183–190. https://doi.org/10.32585/jp.v34i3.6968

Issue

Section

Artikel