Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Materi Faktor Luas Permukaan Terhadap Laju Reaksi pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Mulyati Mulyati

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.747

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kimia melalui pendekatan saintifik. 2) Menguji peningkatan aktivitas dan hasil belajar Kimia dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada Semester Gasal tahun pelajaran 2019/2020 di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Gemolong Sragen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar Kimia materi “faktor luas permukaan terhadap laju reaksi” peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Gemolong Sragen tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil belajar peserta didik pada tahap siklus I, dan siklus II yang mengalami kenaikan hasil belajar. Nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 3,80 yaitu 76,36 pada siklus I dan 80,16 pada siklus II, sedangkan ketuntasan belajar meningkat sebesar 30,55 yaitu 52,78,00% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II. Rata-rata aktivitas belajar peserta didik meningkat sebesar 13,19% yaitu 72,92% pada siklus I dan 86,11% pada siklus II.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indira, C. (2014). “Best-Practices Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 4 Sampit”. J. Kaunia, 10 (2), 141-151.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riadi, A. (2019). “Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Peserta Didik pada Konsep Pencernaan di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jurnal Pendidikan, Volume 28 (2), 205-216.

Rohmawati, S., Sihkabuden., Susilaningsih. (2018). “Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA di MTS Putri Nurul Masyithoh Lumajang”. JKTP, 1 (3), 205-212.

Sadirman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pemelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Waryana. (2020). “Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada Siswa Kelas IXA SMP Veteran 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jurnal Pendidikan, Volume 29 (1), 57-66.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Mulyati, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Materi Faktor Luas Permukaan Terhadap Laju Reaksi pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 29(2), 109–120. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.747

Issue

Section

Artikel