Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Melalui Model Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Sri Mulyani

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.750

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran biologi dan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek  penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari semester 2 yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian: (1) terjadi peningkatan motivasi peserta didik dalam pembelajaran yaitu 31,58% pada prasiklus, dan 92,11% pada siklus II; (2) terjadi peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yaitu 31,58% pada prasiklus, dan 89,47% pada siklus II; (3)  terjadi peningkatan pencapaian ketuntasan belajar peserta didik bila dibandingkan antara prasiklus  yaitu 55,26% pada prasiklus, dan 86,84% pada siklus II.  Terjadi peningkatan pencapaian nilai rata-rata bila dibandingkan antara prasiklus 69,74, di akhir siklus II menjadi 80,00. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar biologi materi sistem pernapasan.

References

Abdurrohman, M. (2003). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Akcay, B. (2009). Problem-Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education, 6 (1), 26-36.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Buku.

BSNP. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Dahar, R. W. (2011). Teori Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hariatik, Suciati, Sugiyarto. (2017). Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Dialog Socrates (DS) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan Masalah Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi. Volume 8, Nomor 2, Februari 2017, hal. 45-51.

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Subyantoro. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Farishma Indonesia.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Winataputra, U. S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, R., D.J.Santri, dan D. Zen. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal PBL Siswa SMA, hal. 46-53.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Mulyani, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Melalui Model Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 29(2), 143–150. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.750

Issue

Section

Artikel